PENGARUH FUNCTIONAL VALUE, SOCIAL VALUE, EMOTIONAL VALUE, EPISTEMIC VALUE TERHADAP INTENTION TO USE THE INTERNET PADA PERUSAHAAN NOKIA
Disusun Oleh :
anda dapat juga melihat link http://www.infoskripsi.com/
MAGISTER MANAJEMEN
UNIVERSITAS TRISAKTI
2009
PENDAHULUAN
Latar Belakang Penelitian
Terdapat bukti secara jelas mengenai trend untuk melakukan perdagangan melalui internet (e-Commerce) mengalami pertumbuhan pada pasar domestik dan pasar internasional (Stare, 2003 ; Goldsmith dan Flynn, 2004 ; Andersen, 2005 ; Soopramanien dan Robertson, 2007). Perkembangan ini berhubungan dengan pengungkapna bahwa internet merupakan cara retail yang dapat menarik dan mempertahankan para pelanggan (Shiu dan Dawson, 2002). Berdasarkan pada batasan penelitian,ingin untuk mengungkapkan tingkat intensitas perilaku para pelanggan untuk menggunakan internet sebagai pembelian yang bertujuan yang juga mengalami peningkatan (Gopi dan Ramayah, 2007).
Perumusan Masalah
Berdasarkan pada pengungkapan latar belakang penelitian maka diperoleh perumusan masalah sebagai berikut ini :
1. Apakah terdapat pengaruh positif functional value terhadap intention to use the internet as a retailling platform ?
2. Apakah terdapat pengaruh positif social value terhadap intention to use the internet as a retailling platform ?
3. Apakah terdapat pengaruh positif emotional value terhadap intention to use the internet as a retailling platform ?
4. Apakah terdapat pengaruh positif epistemic value terhadap intention to use the internet as a retailling platform ?
Tujuan Dan Kegunaan Penelitian
Tujuan Penelitian :
Berdasarkan pada pengungkapan perumusan masalah maka diperoleh tujuan penelitian sebagai berikut :
- Untuk menganalisis pengaruh positif functional value terhadap intention to use the internet as a retailling platform.
- Untuk menganalisis pengaruh positif social value terhadap intention to use the internet as a retailling platform.
- Untuk menganalisis pengaruh positif emotional value terhadap intention to use the internet as a retailling platform.
- Untuk menganalisis pengaruh positif epistemic value terhadap intention to use the internet as a retailling platform.
Kegunaan Penelitian :
- Bagi Perusahaan : Dengan menggunakan media internet maka perusahaan dapat memperkenalkan produk melalui internet.
- Bagi Manajer Pemasaran : Media internet digunakan sebagai marketing channel untuk menarik dan mempertahankan para pelanggan yang ingin berbelanja melalui internet.
- Bagi Pelanggan : Media internet mempermudah akses ingin berbelanja dengan cara yang aman, mudah.
- Bagi Peneliti: Sebagai tambahan pengetahuan dan untuk menerapkan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh selama perkuliahan.
KERANGKA KONSEPTUAL DAN HIPOTESIS
Kerangka Konseptual
Menurut pengungkapan Sheth et al (1991) terdapat hubungan antara empat dimensi nilai yang dirasakan yaitu (functional,social, epistemic,dan emotional value) terhadap customer intention to use the internet as a retailling platform.
Gambar 1.
Kerangka Konseptual
Hipotesis 1 : Terdapat pengaruh secara positif antara perceived functional value terhadap customer intention to use the internet as a retailling platform.
Hipotesis 2 : Terdapat pengaruh secara positif antara perceived social value terhadap customer intention to use the internet as a retailling platform.
Hipotesis 3 : Terdapat pengaruh positif antara emotional value terhadap customer intention to use the internet as a retailling platform.
Hipotesis 4 : Terdapat pengaruh antara perceived epistemic value terhadap customer intention to use the internet as a retailling platform.
METODOLOGI PENELITIAN
Variabel Dan Pengukuran
Skala pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah interval metode pengukuran skala Likert.Skala Likert merupakan metode yang mengukur sikap dengan menyatakan setuju atau ketidaksetujuannya terhadap subyek, obyek atau kejadian tertentu.Skala yang digunakan adalah Skala Likert - lima point dengan susunan interval skala 1 hingga skala 5 sebagai berikut :
1) Sangat Tidak Setuju,
2) Tidak setuju,
3) Netral ,
4) Setuju,
5) Sangat Setuju.
Pembentukan penelitian telah dioperasionalisasikan melalui pembahasan pustaka dengan beberapa perubahan yang dirancang untuk mengungkapkan skala penelitian (terdapat dalam Appendiks).
Customer intention to use the internet as a retailing platform
Telah dioperasionalisasikan dengan menggunakan tiga item yang diungkapkan oleh Vijayasarathy (2002) sebagai berikut :
- Menggunakan internet untuk mengumpulkan informasi.
- Memiliki rencana untuk mengumpulkan lebih banyak informasi.
- Mengumpulkan informasi dengan memesan tempat menggunakan internet di masa yang akan datang.
Functional Value
Telah dioperasionalisasikan dengan menggunakan yang diungkapkan oleh Long dan Schiffman (2000) dan Lee et al (2002). Dengan lima item yang digunakan adalah sebagai berikut :
- Dipercaya dalam mengumpulkan informasi atau memesan tempat bagi para pelanggan.
- Cara yang menyenangkan untuk mengumpulkan informasi.
- Cara yang baik dalam mengumpulkan informasi.
- Memerlukan waktu dalam mengumpulkan informasi.
- Untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan dengan baik.
Social Value
Telah dioperasionalisasikan dengan menggunakan yang diungkapkan oleh Long dan Schiffman (2000) dan Lee et al (2002). Dengan lima item yang digunakan adalah sebagai berikut :
- Adanya tanggapan yang baik dalam mengumpulkan informasi melalui internet.
- Saling berbagi pengalaman dalam mengumpulkan informasi dibandingkan lainnya yang mana itu merupakan cara yang populer.
- Mengumpulkan informasi dari orang lain agar para pelanggan dapat mengetahui satu sama lain.
- Dapat saling berbagi pengalaman dalam mengumpulkan informasi atau memesan tempat di internet.
- Dapat berhubungan dengan orang lain untuk saling berbagi pengalaman.
Emotional Value
Telah dioperasionalisasikan dengan menggunakan yang diungkapkan oleh Long dan Schiffman (2000) dan Lee et al (2002). Dengan lima item yang digunakan adalah sebagai berikut :
1. Mengumpulkan informasi yang menarik di internet.
2. Mengumpulkan informasi di internet menyenangkan.
3. Merasa santai ketika para pelanggan mengumpulkan informasi melalui internet.
4. Merasa senang ketika menggunakan internet untuk mengumpulkan informasi.
5. Dalam mengumpulkan informasi di internet merupakan aktivitas yang menyenangkan.
Epistemic Value
Telah dioperasionalisasikan dengan menggunakan yang diungkapkan oleh Long dan Schiffman (2000) dan Lee et al (2002).Dengan empat item yang digunakan adalah sebagai berikut :
- Mengumpulkan informasi adalah untuk mempelajari berbagai metode dan keahlian.
- Mengumpulkan informasi di internet adalah untuk mempelajari pengetahuan baru.
- Mengumpulkan informasi atau memesan tempat di internet membuat hidup lebih berbeda.
- Suka membaca selama proses mengumpulkan informasi melalui internet.
Sampel Penelitian
Data primer merupakan data yang dikumpulkan secara langsung oleh peneliti untuk menjawab masalah atau tujuan penelitian yang dilakukan dalam penelitian eksploratif, deskriptif maupun kausal dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa survey menggunakan kuesioner ataupun observasi (Hermawan, 2006). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik purposive samplingyaitu penarikan sampel berdasarkan pada pertimbangan-pertimbangan tertentu, dimana sampel yang dipilih sesuai dengan kriteria penelitian (Hermawan, 2006).
Total adalah 200 pelanggan (Hair et el 1998) yang digunakan telah dikumpulkan, dan tidak terdapat masalah berhubungan dengan perbedaan pengalaman dalam berbelanja menggunakan internet.
Metode Analisis Data
Data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner akan dianalisis dengan menggunakan salah satu metode multivariate regression, yaitu Structural Equation Modeling (SEM)
Comments
Post a Comment