Skip to main content

Posts

Showing posts from March 19, 2013

Product, Service and Pricing

Chapter 12: Consider the different means of differentiating products and services. Which ones have the most impact on your choices? Why? Can you think of certain brands that excel on a number of these different means of differentiation? (Hal.383)   Dari pertanyaan diatas, kami mencoba merangkum apa yang dapat kami petik dari halaman 361 tentang diferensiasi, tentang pentingnya pembedaan (diferensiasi) produk dan jasa. Kekhasan setiap merek dari produk maupun jasa suatu perusahaan pasti memiliki perbedaan yang unik. Semakin tinggi tingkat nilai kualitas dan berbeda, semakin sulit pesaing untuk meniru. Seorang pemasar harus memperhatikan hal ini, karena bila tidak maka akan dikalahkan oleh pesaingnya.   Pembedaan produk dipengaruhi oleh beberapa kriteria: 1.       Bentuknya: setiap produk memiliki ukuran, ketajaman dan strukturnya yang berbeda. 2.       Fiturnya: seberapa banyak produk yang ditawarkan memiliki keunggulan fitur dibandingkan yang l

Perusahaan Sebagai Pemimpin Pasar

MANAJEMEN PEMASARAN Disarikan dari buku Marketing Management, Philip Kotler 13 Ed.Chapter 11 "Absolute freedom is not exist. The does exist freedom is to choose anything you like with responsibility"Zahir,Paulo Coelho Ketika teman-teman membaca tulisan ini, maka anda sebenarnya sedang belajar tentang apa yang seharusnya para manager ketahui didalam marketing management. Ini adalah rahasia dapur milik para manager untuk mengetahui dan mendeteksi situasi pasar. Dalam salah satu ajaran manajemen pemasaran, ada empat tipe perusahaan dalam meraih pangsa mereka. Istilah penamaan yang biasa dipakai adalah bahasa Inggris: perusahaan sebagai Leader Market, Challenger Market, Follower Market dan Nicher Market. Yuk kita masuk satu-satu. PERUSAHAAN SEBAGAI PEMIMPIN PASAR Beberapa ciri Perusahaan Sebagai Pemimpin Pasar: 1.        Target pasar sangat luas 2.        Keinginan besar perusahaan untuk melakukan ekspansi untuk mendapatkan konsumen baru dan