Skip to main content

Materi Training Kasir BCA: Apa itu EDC?

1. EDC & Manfaatnya
EDC (Electronic Data Capture) adalah sarana penerima pembayaran yang disediakan oleh bank untuk kemudahan transaksi.
Manfaatnya:
A. Untuk Merchant
-mempermudah transaksi
-meminimalkan penggunaan cash/uang tunai
-meningkatkan sales
B. Untuk Cardholder/Customer
-meningkatkan faktor keamanan
-praktis
-dapat benefit seperti promo/sale untuk kredit user
C. Untuk Kasir
-mengurangi resiko selisih uang dalam penggunaan cash
-meminimalisir waktu
-lebih praktis saat melakukan transaksi


2.Pengenalan Kartu
Terdapat 3 kelompok kartu yang dikeluarkan oleh BCA, yaitu:
-Kartu Debit
ciri khas dari kartu debit yg dikeluarkan oleh bank BCA ini yaitu selalu terdapat tulisan Paspor BCA pada kartu.
-Kartu Kredit
-Kartu Prepaid (seperti flazz)

3.Pengenalan EDC BCA
Pada mesin EDC terdapat nomor mesin atau biasa disebut TID, letaknya diatas layar EDC. TID ini berguna untuk membantu merchant solution dalam menangani masalah yang kita ajukan.
Settlement:
adalah penyelesaian akhir transaksi, meliputi pengiriman transaksi pada EDC BCA ke sistem BCA agar dapat dilakukan pembayaran atas transaksi harian.

4. Tahap Penerimaan Transaksi
1. Identifikasi kartu
-periksa fisik kartu sesuai dgn poin poin pengenalan kartu yaitu: cek nama, nomor kartu, dan expired date
-jika kartu chip maka di DIP (insert)
-jika kartu non chip maka di Swipe (gesek)
2. Tahap Transaksi
-cocokan nomor kartu fisik dgn nomor kartu pada layar EDC, jika nomor kartu sama maka transaksi dapat dilanjutkan.
-jika muncul permintaan pin pada layar EDC, maka berika pada pemegang kartu untuk memasukkan nomor pin
-atau tanda tangan jika menggunakan tanda tangan
3. Transaksi Berhasil
-jika transaksi berhasil, maka akan muncul "approved" pada layar EDC
-EDC akan mencetak 2 lembar faktur
4. Cek Bukti Transaksi
-cocokan faktur dgn fisik kartu
-faktur yg telah di ttd cardholder disimpan oleh bagian keuangan (dan bukan kasir)
-minimal selama 9 bulan sbg bukti pembayaran yg sah

Kasir Wajib Melakukan:
-mencocokan nomor kartu pada layar dgn fisik kartu dan mencocokan ttd pada fisik kartu dgn faktur EDC
-melakukan settlement setiap hari
-menyimpan faktur s/d 9 bulan oleh bagian keuangan
-menghubungi merchant solution 1500788 apabila terjadi masalah EDC ataupun transaksi mencurigakan.

Kasir Tidak Diperkenankan:
-transaksi dgn cara Swipe untuk kartu Chip
-melakukan split/memilah transaksi
-melakukan penurunan nilai transaksi setelah respon Declined
-menghilangkan faktur EDC
-mengenakan surcharge transaksi
-menerima kartu kredit palsu
-melakukan penarikan tunai (cash advance)


Mesin EDC BCA dpt digunakan untuk 6 kartu berlogo :
1.BCA Card
2.MasterCard
3.Visa
4.AmericanExpress
5.JCB
6.UnionPay

Dapat digunakan juga untuk yg berlogo :
-BCA Debit
-Prima Debit
-Tunai BCA
-Flazz
-SAKUKU

Perlu di ingat ada 2 transaksi yg tdk dapat di VOID apabila customer menggunakan FLAZZ dan SAKUKU

 #jika terjadi transaksi gantung segera hubungi Merchant solution.
Transaksi gantung bisa terjadi krna faktor signal antara merchant ke bank BCA dan sering juga dri BCA ke bank lain .
Dan jika transaksi gantung transaksi tersebut sebenarnya sudah approve hanya saja sinyal untuk mengirim laporan approve tertunda .untuk mengkonfirmasi transaksi tsb kita bisa menghubungi merchant solution.

SETTLEMENT :
adalah penyelesaian akhir transaksi, meliputi pengiriman transaksi pada EDC BCA ke sistem BCA agar dapat dilakukan pembayaran atas transaksi harian.
Batas waktu Settlement adalah jam 10 malam .jika sebelum jam 10 mlm  maka merchat akan memerima uang dri bank pada besok.jika lewat dari jam 10 malam maka pembayaran dri bank ke merchant akan dilakukan lusa.

PENTING !!!
Settlement hanya dilakukan 1X dalam sehari .dan settlement tidak dapat diulang maka dari itu pastikan sebelum melakukan settlemen kertas struk tersedia jgn sampai kehabisan kertas struk.


#dalam identifikasi kartu pastikan kartu tidak dlm masa expaired . ..

BCA juga memiliki fitur DCC (Dynamic Currency Conversion) adalah fasilitas yg memungkinkan merchat menawarkan pilihan kepada pemegang kartu luar negeri untuk bertransaksi dalam mata uang asalnya dengan menggunakan kartu VISA atau MasterCard di mesin EDC.

Terdapat 20 mata uang yg digunakan dalama DCC:
USD,AUD,EUR,SGD,JPY,MYR,KRW,GBP,HKD,RUB,CHF,NZD,THB,CAD,SAR,TWD,AED,INR,NOK,BRL.

Kapan penawaran DCC kepada pelanggan ?
Pada saat kartu dimasukkan/diswipe .EDC akan secra otomatis mengenali pemegang kartu internasional yg memenuhi kriteria DCC.maka kasir wajib menawarkan kepada pemegang kartu apakah ingin menggunakan mata uang rupiah atau mata uang negara asal.
#Proses transaksi /  Sale :
1.masukkan / swipe kartu
2.masukkan jumlah transaksi dalam rupiah
3.EDC akan mencetak lembar "FX Quote"
4.minta pemegang kartu untuk memilih mata uang yg diinginkan dan memberi tanda pada lembar FX Quote
5.masukkan pilihan pemegang kartu pada layar EDC
6.EDC akan mencetak sales receipt DCC untuk pilihan mata uang DCC
7.minta pemegang kartu untuk menandatangani sales Receipt.

EDC BCA juga bisa menerima pembayaran menggunakan SAKUKU .
Berikut langkahnya :
1.pilih sakuku pada menu EDC.
2.pilih menu payment
3 input nominal pembayaran ,lalu tekan OK
4.EDC akan mencetak struk QR.berikan kepada customer
5.tekan tombol Yes setelah pelanggan otorisasi di smartphonenya
6.EDC menerima approval transaksi pembayaran struk dicetak. Struk hanya di cetak 1 untuk merchat .
Customer tidak perlu mendapat struk .customer cukup mnerima notifikasi pembayaran di smartphone nya

Perlu di Ingat !!"
Pada transaksi di mesin EDC BCA ada 2 jenis kartu yg tidk dapat di Void transaksinya
Yaitu menggunakan SAKUKU dan FLAZZ .
Dan Void hanya bisa dilakukan sebelum melakukan Settlement .
























Comments

  1. Kehabisan kertas menghantam hubungi mana ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Butuh bantuan Hubungi Segera Call Center Halo BCA Telepon/WhatsApp 0812-2262-6592

      Delete
  2. Apa perbedaan Loyalti, dan bca saat kita summary?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loyalty itu yg pake reward point bca gan, kalo bca doang brarti dia pake kartu krredit bca tapi pointnya ga dipake

      Delete
  3. Kalo misalkan udah transaksi tapi pas mau di settlement ko malah no transaksi ya, itu kenapa?

    ReplyDelete
  4. Kalo udah masukan pin dan saldo sudah terpotong. Tp struk tidak keluar solusinya bagaimana ya?? Si toko merasa tdk ada transaksi.

    ReplyDelete
  5. Butuh bantuan Hubungi Segera Call Center Halo BCA Telepon/WhatsApp 0812-2262-6592

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Daftar Kode Kliring ( Clearing Code ) Bank BCA Dan Kantor Cabangnya Di Seluruh Indonesia

Branch Clearing Code - This field should include your 4-digit branch clearing code.  Ketika melakukan transaksi transfer uang secara electronic atau Electronic bank transfers, selalu dibutuhkan data akun bank secara lengkap sesuai rekening bank saat dibuat.  Selain nama lengkap ( sesuai rekening ) dan nomor akun bank ( account number ), juga dibutuhkan kode kliring ( clearing code ) dari bank yang bersangkutan.  Yang dimaksud kode kliring ( Clearing Code ) adalah sederetan kode angka, yang terdiri dari 7 digit angka. 3 digit angka terdepan merupakan kode bank yang bersangkutan. Sedangkan 4 digit angka sisanya merupakan clearing code dari branch utama bank.  Bagi anda yang kebetulan memiliki rekening di bank BCA, Daftar Kode Kliring ( Clearing Code ) Bank BCA danKantor Cabangnya Di Seluruh Indonesia yang berikut ini mungkin bisa membantu anda saat melakukan tr...

Saudara Kami tercinta Falensius Nango

Dear All, bagi teman-teman yang ingin menyumbangkan dana solidaritas untuk Saudara Nango dapat dikirimkan ke Bank BCA atas nama petrus hepi witono 8850579441 atw BRI 0927 01 001066 50 6. Jika sudah dilakukan transfer, mohon konfirmasi ke saya beserta nama dan jumlah yang disumbangkan. saya pastikan dana tersebut sampai ke tangan pihak Keluarga Nango. Terima Kasih luar biasa kepada Keluarga Besar Gonzaga dan para rekan angkatan yang begitu memberi dukungan dan perhatian. Saudara Nango kini dirawat di Rumah Sakit Suyoto, Bintaro, Lantai 4, nomor 406.