Skip to main content

Customer Service: Marketing Pemasaran

CHAPTER I

MEMAHAMI KONSUMEN (UNDERSTANDING CONSUMER)

MERUBAH PENGUNJUNG JADI PELANGGAN SETIA

Inspirasi: Radio Smart FM, Cross Selling

 

PROSES

CIRI-CIRI

VISITOR

·          Jumlah orangnya banyak

·          Sekadar berkunjung dan melihat-lihat.

·          Sama sekali tidak menjanjikan dia untuk akan membeli barang di toko.

 

·          Sampaikan salam selamat datang dan silahkan melihat-lihat.

·          Waspadai dan amati apakah sungguh dia berbelanja atau justru mencurigakan. Anda berhak sebagai pemilik toko untuk melakukan itu.

BUYER

·          Pembeli masih sangat bersifat spontan, bisa membeli sedikit dan bisa juga bisa membeli banyak. Mereka tidak begitu terpengaruh dengan toko anda. Mereka lebih memikirkan kebutuhan mereka semata yang dapat diambil dari toko anda. Kalau perlu mereka mencari promo barang murah.

 

·          Tawarkan namun bukan langsung untuk membeli melainkan memberikan referensi dan penjelasan. 

·          Berikan senyuman terbaik dan Bantu menjelaskan isi buku yang dimaksud jika mengerti.

CONSUMER

·          Mulai datang beberapa kali. Mulai merasakan "addict" dan nyaman untuk datang ke toko yang sama. Mungkin karena keramahannya, pelayanannya, barangnya lebih murah.

·          Toko anda mulai diperhitungkan dalam referensinya.

·          Tingkat untuk datang ke toko anda mulai meningkat. Sang pembeli mulai menjadi pengguna dari produk anda. Rangenya 40% keatas

 

·          Mulai berikan keyakinan kepada pelanggan anda.

·          Berikan pelayanan dan bantuan tanpa pamrih (walau saat itu mungkin suasana hati sedang tidak bagus).

 

CUSTOMER

·          Mulai menyukai toko anda karena kecenderungan datang semakin besar: jarang datang namun beli banyak, sering datang namun beli sedikit. Semuanya sama saja. Yang terpenting sang customer sudah merasa comfortable dengan anda.

·          Pelanggan mulai tertarik dan serius dengan member yang anda tawarkan karena efek jangka panjangnya.

 

·          Jaga dan buat puas customer anda. Berikan kemudahan yang lebih walaupun anda berkorban banyak untuk hal itu. Lebih baik berkorban banyak untuk mencapai kepuasan bagi pelanggan daripada ditinggalkan sama sekali.

·          Mulailah belajar untuk saling berdiskusi dan mencoba menawarkan barang lain dengan tema yang serupa. Jika anda mampu mengambil hatinya, maka kesuksesan omzet berada ditangan anda.

LOYAL-CUSTOMER

·          Jumlahnya orangnya sedikit. Mereka sudah addiction dengan toko anda.

·          Harus dilayani secara ekstra. Resikonya bisa lari ke pesaing yang lain.

·          Mereka sudah loyal terhadap toko dan barang anda. Mereka lebih nyaman untuk datang kepada anda.

·          Biasanya sang pembeli sangat mempercayai seorang sales dari toko anda. Sudah menaruh harapan dan kepercayaan yang luar biasa kepada anda.

 

·          Berikan kartu nama anda, berikan service yang terbaik, kalau perlu diantar. Make them delighted, not only satisfied. Hal ini akan membuat anda berbeda dibanding pesaing yang lain.

·          Jika sang pelanggan menghubungi anda maupun memesan barang dari anda dan meminta memesannya, lakukan dengan sepenuh hati. Hal itu sudah bisa membuat bangga dirinya bahwa dirinya sebagai customer sungguh diperhatikan.

·          Jika ada bonus ataupun hadiah buat sang pelanggan secara gratis, buat prioritas utama baginya dan cobalah membuat sebuah kejutan untuk dirinya.

·          Kalau sang pelanggan setia ini complain, mohon lakukan dengan cepat. Sekali tidak ditanggapi, mereka bisa pindah ke lain hati.

 

========= PT.PERIPLUS BOOKINDO ==========
Petrus Hepi Witono
Auditor Retail
Handphone:081905082435
Office : 021-46821088
Office Email: hepi@periplus.co.id
Active E-mail : smilesad2003@gmail.com
Blog : www.lembutambun.blogspot.com
Twitter: @lembutambun
FB: Petrus Hepi
 
 
 

 

Comments

Popular posts from this blog

Daftar Kode Kliring ( Clearing Code ) Bank BCA Dan Kantor Cabangnya Di Seluruh Indonesia

Branch Clearing Code - This field should include your 4-digit branch clearing code.  Ketika melakukan transaksi transfer uang secara electronic atau Electronic bank transfers, selalu dibutuhkan data akun bank secara lengkap sesuai rekening bank saat dibuat.  Selain nama lengkap ( sesuai rekening ) dan nomor akun bank ( account number ), juga dibutuhkan kode kliring ( clearing code ) dari bank yang bersangkutan.  Yang dimaksud kode kliring ( Clearing Code ) adalah sederetan kode angka, yang terdiri dari 7 digit angka. 3 digit angka terdepan merupakan kode bank yang bersangkutan. Sedangkan 4 digit angka sisanya merupakan clearing code dari branch utama bank.  Bagi anda yang kebetulan memiliki rekening di bank BCA, Daftar Kode Kliring ( Clearing Code ) Bank BCA danKantor Cabangnya Di Seluruh Indonesia yang berikut ini mungkin bisa membantu anda saat melakukan tr...

Saudara Kami tercinta Falensius Nango

Dear All, bagi teman-teman yang ingin menyumbangkan dana solidaritas untuk Saudara Nango dapat dikirimkan ke Bank BCA atas nama petrus hepi witono 8850579441 atw BRI 0927 01 001066 50 6. Jika sudah dilakukan transfer, mohon konfirmasi ke saya beserta nama dan jumlah yang disumbangkan. saya pastikan dana tersebut sampai ke tangan pihak Keluarga Nango. Terima Kasih luar biasa kepada Keluarga Besar Gonzaga dan para rekan angkatan yang begitu memberi dukungan dan perhatian. Saudara Nango kini dirawat di Rumah Sakit Suyoto, Bintaro, Lantai 4, nomor 406.