Berbagi Pengalaman: IKEA (Alam Sutera) dan Edukasi. Beberapa hari lalu saya jalan-jalan ke IKEA Alam Sutera, penasaran dunk!!! kata orang, tempatnya unik dan bersih, kata orang makanannya di lantai 2 enak, kata orang nongkrong disana bikin betah, kata orang tempat parkirnya rapi, dan kata adik ipar dan mertua barangnya sangat bagus dan harganya terjangkau. Bah! Orang ramai sekali datang ke IKEA Alam Sutera. Mungkin saja mereka bukan mau belanja...tapi hunting kuliner makananIKEA. TErjangkau dan minumannya bisa refill...mau kopi, mau soft drink, mau teh...ambilll sendiri! Makanannya pun OK. Tapi yang justru menyita perhatian saya adalah Edukasi yang diberikan oleh IKEA! Cool b.g.t!!! IKEA tidak hanya sekedar jualan furniture, tapi mengedukasi para customer hampir di seluruh tempat, khususnya di food court! Contoh yang paling simpel, di meja makan ada tulisan "sesudah makan, meja dibersihkan agar orang berikutnya dapat menikmati!" Kalau di London, hal ini sangat mudah dilakukan, karena orang dibiasakan hidup bersih.
Tapi faktanya yg saya lihat...masih ada pula yg cuek setelah selesai makan. "Habis makan yah tinggal saja, kan kita sudah bayar!" Sampah dibiarkan di meja. Ini soal masalah kebiasaan. Yang kedua, saya foto seorang petugas IKEA (sori! dia balik badan). Dia memberikan pelayanan yg terbaik ketika seorang customer ngomel meminta bersihkan meja."Tolong segera!" Dia kerjakan dengan setia! Ketika sudah selesai, sang customer tadi ingin memberikan tips 50.000,- (kelihatan bgt warna birunya), tapi dia tolak Man. Amazing! Dia berikan pelayanan yg terbaik walau di omelin sekalipun! Salam Blogger lembutambun.blogspot.com
Tapi faktanya yg saya lihat...masih ada pula yg cuek setelah selesai makan. "Habis makan yah tinggal saja, kan kita sudah bayar!" Sampah dibiarkan di meja. Ini soal masalah kebiasaan. Yang kedua, saya foto seorang petugas IKEA (sori! dia balik badan). Dia memberikan pelayanan yg terbaik ketika seorang customer ngomel meminta bersihkan meja."Tolong segera!" Dia kerjakan dengan setia! Ketika sudah selesai, sang customer tadi ingin memberikan tips 50.000,- (kelihatan bgt warna birunya), tapi dia tolak Man. Amazing! Dia berikan pelayanan yg terbaik walau di omelin sekalipun! Salam Blogger lembutambun.blogspot.com
Comments
Post a Comment