Skip to main content

MANAJEMEN PEMASARAN


TUGAS MARKETING PLAN
PRODUK MAKANAN 'TONGKOL SETAN'(TONGSET)
BERBAHAN IKAN TONGKOL



Dosen : Ibu Prof. Dr. Farida


PETRUS HEPI WITONO /122101105
PROGRAM PASCASARJANA
MAGISTER MANAJEMEN
UNIVERSITAS TRISAKTI
2012

RENCANA BISNIS PEMASARAN
TONGKOL SETAN ALIAS TONGSET


1.      RINGKASAN UTAMA (Executive Summary)
Makanan "Tongkol Setan" adalah usaha keluarga yang memproduksi makanan dari ikan tongkol bercampur bumbu pedas balado di Kota Bandung. Makanan ini termasuk industri rumahan yang ditujukan untuk konsumen penyuka pedas. Usaha baru ini dipopulerkan oleh Dwi Esti Wuryani atau yang lebih dikenal di kalangan musisi indie pop Bandung, Esti vokalis 'Cherrybombshell'.
Pada April 2010, Esti akhirnya berani untuk menjual Tongkol setan andalannya. Makanan ini dapat langsung dimakan sebagai "teman" untuk makan. Berkat media sosial twitter, produk "Tongkol Setan" mampu merambah sampai luar kota.
Usaha 'tongset' ini bertempat di Jalan Jatiluhur 7 Blok D 3 No 17, Komplek Pasirjati, Cijambe Bandung.

2.      DESKRIPSI USAHA
3.1  Sejarah Usaha
Makanan "Tongkol Setan" adalah usaha makanan yang memproduksi makanan dari ikan tongkol bercampur bumbu pedas balado. Makanan ini ditujukan untuk penyuka pedas. Usaha ini dikembangkan oleh Dwi Esti Wuryani atau yang lebih dikenal di kalangan musisi indie pop Bandung, Esti vokalis 'Cherrybombshell'. Pada April 2010, Esti akhirnya berani untuk menjual Tongkol setan andalannya.
Keluarga Esti kerap membuat balado tongkol. Resepnya berasal dari mertua Esti. Namun oleh Esti dimodifikasi sehingga balado tongkol tersebut dihancurkan dan jadilah Tongkol setan ini.
Pada awalnya tongkol setan ini mengandung banyak minyak, namun sekarang sudah dikurangi menjadi semi abon. Rahasia bumbu yang digunakan sangat sederhana seperti cabai rawit, cabai keriting, bawang putih, dan bumbu-bumbu lainnya. Namun takaran cabai rawit dan cabai keriting yang digunakan cukup banyak sehingga rasa yang akan ditimbulkan cukup pedas di lidah. Nilai lebih pada kepedasannya tidak akan mudah ditiru oleh orang lain. 
Esti pertama kali mempopulerkan 'tongkol setan' ini kepada teman sesame musisi dan ditanggapi secara positif dan menjadi perbincangan dari mulut ke mulut hingga tersebar di twitter.
Dahulu kemasannya sempat masih memakai dus-dus bekas susu, namun sekarang memakai alat vakum untuk memiliki daya tahan yang agak lama. Makanan 'tongkol setan' menggunakan plastik khusus food grade yang divakum. Kini untuk pemesanan 'tongkol setan' dapat dipesan melalui media sosial twitter @tongkolsetan. Makanan ini tahan selama 4-5 hari dan cocok untuk menjadi teman buka puasa.
3.2  Tujuan Pemasaran
  • Meningkatkan kesadaran konsumen akan keberadaan produk baru yang ditawarkan Esti dengan nama 'tongkol setan' pada konsumen khususnya masyarakat Bandung.
  • Menimbulkan kepuasan serta kekhasan tersendiri bagi konsumen penyuka pedas sehingga konsumen akan melakukan pembelian ulang.
  • Memperluas penguasaan market share dan membentuk jaringan hingga keluar kota Bandung.
  • Berusaha menjadi market leader dalam variasi produk makanan dari ikan.

3.      ANALISIS SWOT
3.1 Kekuatan Usaha internal
  • Tongkol setan memiliki 4 tingkat kepedasan dengan harga yang berbeda.
  • Tidak menggunakan bahan pengawet.
  • Makanan tongkol setan dibungkus dengan alat mesin vakum.
  • Harga terjangkau bagi konsumen.
  • Rasa makanan tongset-nya tidak menimbulkan rasa gatal.
  • Menjanjikan free delivery dengan pembelian 10 tongset.
3.2 Kelemahan Usaha internal
  • Cover kemasan yang kurang menarik.
  • Bahan baku makanan 'tongkol setan' sangat bergantung pada ikan tongkol.
3.3 Kesempatan Usaha eksternal
3.4 Ancaman Usaha eksternal
  • Timbulnya pesaing dari jenis usaha yang serupa dan lebih baik.
  • Sterilisasi produk yang tidak akurat bisa menyebabkan makanan jadi basi.
  • Tidak mudahnya mendapatkan ikan tongkol yang berkualitas baik.

4.      FAKTOR KUNCI SUKSES (Key Success Factor)
  • Peran pemilik usaha 'tongkol setan' memiliki jaringan yang kuat.
  • Makanan 'tongkol setan' dibuat dari bahan yang segar dan tanpa bahan pengawet.
  • Pemilik usaha memiliki cukup modal untuk mempopularkan usahanya kepada konsumen.
  • Makanan 'tongkol setan' dibungkus secara kedap udara sehingga menimbulkan kesan steril kepada konsumen.
  • Rahasia resep makanan mampu memperlihatkan differensiasi dengan pesaingnya. Namun sayangnya, merk 'tongkol setan' ini belum memiliki paten.

5.      ANALISA PASAR (Market Analysis)
·        Target Segmentasi Pasar: Konsumen yang dicari berasal dari semua umur, khususnya orang Bandung pencinta rasa pedas.
·        Perilaku Konsumen: Orang Bandung bagi para penyuka rasa pedas dan penyuka cemilan.
·        Pesaing pasar di Bandung: Keripik Pedas Maicih, Bakso Goreng Bandung, Perkedel Sarung Tinyu, Sambal Gledek.

6.      TIM MANAJEMEN
Usaha 'Tongkol Setan' ini merupakan usaha keluarga yang dikelola oleh Esti sebagai pemiliknya. Resep bahan makanan diajarkan oleh mertuanya dan dikembangkan oleh keluarga Esti sendiri. Nomor pin bb: 2138BOC2, nomor Telpon: 022 9582 2867. Rekan-rekan band membantu menjadi jaringan usaha miliknya.

7.      STRATEGI INTI
  • Produk dan harga
Produk terdiri dari ikan tongkol dengan kualitas yang segar. Produknya dibungkus dengan vakum sehingga bisa tetap segar. Kualitas performanya sudah cukup baik dan dapat dikatakan steril. Daya tahannya bisa berlangsung seminggu jika disimpan didalam lemari es. Namun ketika sudah dibuka segelnya, tongset hanya mampu bertahan selama 4 hari. Hingga saat ini belum ada keluhan yang menyatakan bahwa produknya rusak atau tidak enak. Keistimewaannya terletak pada resep rahasia bumbu balado dari keluarganya.
Spesifikasi harga berdasarkan tingkat kepedasannya:
1. Level S          Rp xxxxxx,- / buah
2. Level SS        Rp xxxxxx,- / buah
3. Level SSS      Rp xxxxxx,- / buah
4. Level SSSS.  Rp xxxxxx,- / buah


  • Taktik Promosi (Promotion Tactic)
Promosi tidak menggunakan iklan, namun melalui teknik 'word of mouth' informasi dari mulut ke mulut, di jual kepada relasi terdekat untuk menjadi agennya. Para rekan dekat membantu untuk mempublikasikannya melalui media kaskus.com dan twitter.com.

  1. Anggaran Pemasaran (Marketing Budget)
Kegiatan usaha pemasaran "tongkol setan" dilakukan di dalam rumah.
    1. Ikan tongkol kualitas segar Rp.350.000,- / hari
    2. Bumbu resep balado Rp 500.000,-/ hari
    3. Akomodasi Rp 350.000,- x 7 hari x 4minggu = Rp 9.800.000,-
    4. Alat mesin vakum plastik Rp 3.000.000,-
    5. Launching produk dengan berbagai promosi Rp 3.000.000,-
    6. Biaya plastik bungkus 100 lembar Rp 200.000,-
    7. Biaya 2 karyawan Rp 750.000,- / bulan

  1. Jadwal Pelaksanaan (Action Plan)

No
Mulai
Kegiatan
Penanggung Jawab
1
Langkah 1
Beli pesanan ikan tongkol dengan kualitas segar ditempat langganan dalam jumlah banyak.
Sendiri
2
Langkah 2
Ikan tongkol dibersihkan, segala kulit dibersihkan dan hanya diambil daging putihnya saja.
Karyawan

3
Langkah 3
Daging putihnya dikukus matang agar dagingnya lembut. Ditiriskan dan dibuang duri-durinya.
Karyawan
4
Langkah 4
Bumbu balado dipersiapkan: Bawang putih, bawang merah, jahe, cabe rawit, cabe keriting, lengkuas, daun salam, tomat. Semuanya ditumbuk halus. Lalu ditumis. Daun salam, jeruk dan lengkuas tidak ikut ditumbuk.
Karyawan
5
Langkah 5
Daging ikan tongkol dicampur dengan bumbu pedas balado sesuai tingkat kepedasannya.
S1 : Daging 90%, bumbu pedas 10%
Harga produsen Rp xxxxxx,-
S2:  Daging 80%, bumbu pedas 20%
Harga produsen Rp xxxxxx,-
S3:  Daging 70%, bumbu pedas 30%
Harga produsen Rp xxxxxx,-
S4:  Daging 60%, bumbu pedas 40%
Harga produsen Rp xxxxxx,-
Sendiri
6
Langkah 6
Pakanan tongset dimasukkan dalam plastik khusus yang steril lalu divakum dengan alat vakum.
Sendiri



7
Langkah 7
Distribusi kepada rekan dan pelanggan tetap maupun toko. Diinformasikan ke media sosial twitter. Pesanan dapat langsung diambil ke rumah.
Agen


Comments

Popular posts from this blog

Daftar Kode Kliring ( Clearing Code ) Bank BCA Dan Kantor Cabangnya Di Seluruh Indonesia

Branch Clearing Code - This field should include your 4-digit branch clearing code.  Ketika melakukan transaksi transfer uang secara electronic atau Electronic bank transfers, selalu dibutuhkan data akun bank secara lengkap sesuai rekening bank saat dibuat.  Selain nama lengkap ( sesuai rekening ) dan nomor akun bank ( account number ), juga dibutuhkan kode kliring ( clearing code ) dari bank yang bersangkutan.  Yang dimaksud kode kliring ( Clearing Code ) adalah sederetan kode angka, yang terdiri dari 7 digit angka. 3 digit angka terdepan merupakan kode bank yang bersangkutan. Sedangkan 4 digit angka sisanya merupakan clearing code dari branch utama bank.  Bagi anda yang kebetulan memiliki rekening di bank BCA, Daftar Kode Kliring ( Clearing Code ) Bank BCA danKantor Cabangnya Di Seluruh Indonesia yang berikut ini mungkin bisa membantu anda saat melakukan tr...

Saudara Kami tercinta Falensius Nango

Dear All, bagi teman-teman yang ingin menyumbangkan dana solidaritas untuk Saudara Nango dapat dikirimkan ke Bank BCA atas nama petrus hepi witono 8850579441 atw BRI 0927 01 001066 50 6. Jika sudah dilakukan transfer, mohon konfirmasi ke saya beserta nama dan jumlah yang disumbangkan. saya pastikan dana tersebut sampai ke tangan pihak Keluarga Nango. Terima Kasih luar biasa kepada Keluarga Besar Gonzaga dan para rekan angkatan yang begitu memberi dukungan dan perhatian. Saudara Nango kini dirawat di Rumah Sakit Suyoto, Bintaro, Lantai 4, nomor 406.