WELL   DONE!
DIGARAP   OLEH: 
Indira   selaku Sekretaris
Alex   selaku Kepala Suku
Hepi   selaku tukang cerewet dan kritik logika bahasa
Diselesaikan   dalam waktu yang sesingkat-singkatnya
Lokasi:   Sky dining Plasa Semanggi
Tragedi   Semanggi
1.               BAB   I
a.      Karakteristik   Dari Kesuksesan Entrepreneur
Beberapa   perilaku umum untuk seorang pengusaha (entrepreneur) sukses adalah   :
Passion   for the business/ Gairah   Dalam Berbisnis
Ini   terjadi apakah pada perusahaan yang baru maupun sudah berjalan. Biasanya   entrepreneur yang sukses yakin bahwa bisnis akan memberikan pengaruh   positif  bagi kehidupan   manusia.
Dan   gairah (passion) merupakan kepentingan yang sangat khusus yang harus mutlak ada   bagi perusahaan baru maupun perusahaan yang telah berjalan. Entrepreneur tidak   tepat bagi orang yang berkomitmen setengah hati, mereka harus penuh gairah dan   cekatan dalam mncari dan menuangkan ide.
Product   / Costumer Focus
Produk   yang canggih merupakan hal penting akan tetapi lebih penting lagi adalah   bagaimana me-managemen barang tersebut pada kepuasan pelanggan. Dua hal tersebut   merupakan syarat penting untuk kesuksesan sebuah produk.
Tenacity  Despite   Failure
Entrepeneur   biasanya mencoba suatu hal yang baru dan inovatif. Seperti halnya experimen pada   suatau laboraorium, dengan melakukan beberapa kali percobaan dengan   mengkombinasikan beberapa bahan kimia hingga mencapai tujuan tertentu secara   optimum.
Maka   entrepreneur harus selalu mencoba dan mencoba untuk sesuatu yang optimal, dan   sering terjadi kegagalan dalam uji coba, dan seorang entrepreneur harus gigih   dan ulet menhadapi kegagalan tersebut.
Execution   Intellegencies
Adalah   kemampuan melaksanakan  ide   kreatif  yang solid dalam artian   entrepreneur harus dapat befikir untuk melakukan pengefektifan  sebuah bisnis melalui membangun sebuah   team usaha yang baru, permodalan, mengadakan jaringan kerjasama, mengatur   menejemen keuangan, memimpin dan memotivasi karyawan dan lain-lain. Itu semua   merupakan kunci sukses bagi entrepreneur.    Dalam banyak kasus execution   intellegencies merupakan penentu suatu keberhasilan atau kegagalan dari   suatu bisnis.
b.      PROSES   ENTREPRENEURIAL
Proses   entrepreneurial terdiri dari empat langkah:
Langkah   1: Memutuskan untuk menjadi seorang entrepreneur
Langkah   2: Mengembangkan ide bisnis yang sukses
Langkah   3: Bergerak dari sebuah ide menjadi perusahaan   entrepreneurial
Langkah   4: Mengatur dan menumbuhkan perusahaan entrepreneurial
Penjelasan   dari langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut:
Memutuskan   untuk menjadi seorang entrepreneur (Chapter 1)
Seperti   yang sudah didiskusikan, seseorang menjadi entrepreneur agar menjadi bos,   mengejar ide-ide mereka sendiri, dan mendapatkan upah. Biasanya kejadian pemicu   menjadikan seorang individu sebagai seorang entrepreneur. Sebagai contoh,   seseorang yang kehilangan pekerjaannya dan memutuskan bahwa pada saat itu adalah   waktu yang tepat untuk memulai bisnisnya sendiri. Atau seseorang mungkin   menerima sebuah warisan dan untuk pertama kalinya dalam hidup memiliki uang   untuk memulai bisnisnya sendiri. Isu-isu mengenai gaya hidup juga dapat menjadi   pemicu karir entrepreneurial. Sebagai contoh, seorang wanita dapat menunggu   sampai anaknya yang paling kecil sudah bersekolah sebelum dia memutuskan untuk   meluncurkan perusahaan entrepreneurialnya sendiri.
Mengembangkan   ide bisnis yang sukses (Chapter 2-6)
Banyak   bisnis-bisnis baru yang gagal tidak hanya karena seorang entrepreneur tidak   bekerja keras tetapi karena tidak adanya peluang yang nyata untuk memulai.   Mengembangkan bisnis ide yang sukses termasuk didalamnya pengenalan peluang,   analisis kemungkinan, penulisan rencana bisnis, analisis industri, dan   pengembangan sebuah model bisnis efektif. Capter 2 melihat secara ilmiah   bagaimana para entrepreneur menyadari peluang dan menjelaskan bagaimana biasanya   proses melihat peluang. Chapter 3 fokus pada analisis kemungkinan; cara untuk   menentukan apakah sebuah ide dapat memperlihatkan kelayakan sebuah peluang   bisnis. Chapter 4 menjelaskan bagaimana menulis sebuah rencana bisnis. Sebuah   rencana bisnis adalah sebuah dokumen tertulis yang menjelaskan seluruh aspek   sebuah usaha bisnis secara ringkas. Biasanya perlu untuk menulis sebuah rencana   bisnis untuk mendapatkan uang dan menarik rekan bisnis dengan kualitas tinggi.   Beberapa entrepreneur kurang sabar dan tidak mau menghabiskan waktu untuk   menulis rencana bisnis. Pendekatan ini biasanya merupakan kesalahan. Menulis   sebuah rencana bisnis menguatkan seorang entrepreneur untuk berfikir hati-hati   dalam melalui seluruh aspek dari sebuah bisnis. Hal ini juga membantu usaha baru   membangun pondasi yang dapat digunakan untuk menuntunnya pada awal fase   peluncuran bisnis. Analisis industri dan kompetitor adalah perhatian kami di   chapter 5. Mengetahui industri dimana sebuah perusahaan memilih untuk   berkompetisi adalah penting dalam kesuksesan entrepreneur. Chapter 6 terfokus   pada topik penting mengenai pengembangan sebuah model bisnis yang efektif.   Sebuah model bisnis perusahaan adalah rencana bagaimana perusahaan tersebut   berkompetisi, menggunakan sumberdayanya, menata hubungan, menghadapi pelanggan,   dan menghasilkan nilai untuk menopang dalam basis   keuntungan.
Bergerak   dari sebuah ide menjadi perusahaan entrepreneurial (Chapter   7-10)
Langkah   pertama dalam merubah ide menjadi kenyataan adalah menyiapkan dasar etika dan   legalitas yang tepat untuk perusahaan, termasuk memilih bentuk   kepemilikan bisnis yang sesuai. Permasalahan ini dibahas di Chapter 7. Chapter 8   berkaitan dengan topik penting mengenai penilaian kekuatan dan kemampuan   keuangan sebuah usaha baru. Informasi penting ada di dalam chapter ini mengenai   melengkapi dan menganalisis laporan keuangan historical dan pro forma. Chapter 9   terfokus pada pembangunan tim usaha baru. Chapter 10 menggaris bawahi pentingnya   tugas dalam mendapatkan pendanaan dan mengidentifikasi pilihan yang dimiliki   perusahaan dalam meningkatkan keuangan.
Mengatur   dan menumbuhkan perusahaan entrepreneurial (Chapter   11-15)
Chapter   11 terfokus pada keunikan permasalahan pemasaran yang dihadapi perusahaan   entrepreneurial, termasuk dalam memilih target pasar yang sesuai, membangun   sebuah brand, dan 4P (Product, Price, Promotion, dan Place/distribution) untuk   perusahaan baru. Chapter 12 mempelajari tentang pentingnya peran kekayaan   intelektual dalam pertumbuhan sebuah perusahaan entrepreneurial. Semakin lama,   nilai dari pengetahuan melebihi nilai dari aset fisik perusahaan. Disisi lain,   kita akan berbicara mengenai bagaimana melindungi ide bisnis melalui   undang-undang kekayaan intelektual. Seperti paten, merk dagang, hak cipta, dan   rahasia perdagangan.
Menyiapkan   dan mengevaluasi tantangan pertumbuhan adalah topik di Chapter 13. Kita akan   melihat karakteristik dan perilaku pertumbuhan perusahaan yang sukses. Dalam   chapter 14, kita akan mempelajari strategi untuk tumbuh, mulai dari pengembangan   produk baru sampai pada merger dan akuisisi. Kita menyimpulkan dengan chapter   15, yang terfokus pada kegiatan franchise. Tidak semua organisasi franchise   adalah perusahaan entrepreneurial, tetapi franchise adalah komponen yang tumbuh   dari sebuah entrepreneurial. Ketika anda selesai mempelajari 15 chapter, anda   akan mengetahui seluruh komponen dari proses entrepreneur, sebuah proses yang   vital dalam kesuksesan entrepreneurial.
2.               BAB II
Faktor   factor yang membantu entrepreneur menemukan celah peluang   bsinis:
a.         Kekuatan   ekonomi: pada saat ekonomi menguat, orang akan memiliki kemampuan untuk membeli   produk, sebaliknya saat ekonomi melemeah mereka tidak berani untuk menggunakan   uangnya karena kondisi perekponomian yang belum menentu.
b.         Kekuatan   sosial: ada kalanya alasan suatu produk atau jasa masih bertahan karena   kaitannya dengan pemuasana kebutuhan sosial. Selain itu perubahan trend juga   ikut berpengaruh terhadap peliuang bisnis.
c.          Kemajuan   teknologi: dalam banyak kasisn teknologi bukanlah kunci untuk mengenali peluang   bisnis tetapi bagaimana tekonologi itu dapat bermanfaat dalam memenuhi   kebutuhanndan peruabahn yang terjadi pada manusia atau   konsumen.
d.         Perubahan   politik dan peraturean pemerintah: beberapa bisnis tergantung kepada kebijakan   pemerintah dimana kelangsungan hidup mereka dapat terancam karena adanya   perubahan peraturan pemerintah .
Sekarang   mari kita lihat ketiga pendekatan yang dipakai untuk mengidentifikasi peluang   :
Kunci   untuk mengenal peluang adalah mengidentifikasi produk atau jasa yang dibutuhkan   oleh konsumen dan mereka bersedia untuk membelinya, dan bukanlah sesuatu yang   ingin dibuat dan dijual oleh entrepreneur.
3. BAB III :   a. Jelaskan   proses Analisis kelayakan jasa & produk
Layanan   analisis kelayakan produk   adalah suatu penilaian daya tarik keseluruhan produk atau jasa yang diusulkan.   Meskipun ada penting hal untuk dipertimbangkan saat meluncurkan usaha baru,   tidak ada lagi yang penting jika produk atau layanan itu sendiri tidak menjual.   Ada dua komponen untuk produk / layanan analisis kelayakan: produk / jasa   keinginan dan produk / jasa permintaan.
Layanan   keinginan Produk Komponen pertama dari produk / jasa kelayakan adalah untuk   menegaskan bahwa produk yang diusulkan atau jasa yang diinginkan dan melayani   kebutuhan di pasar. Anda harus mengajukan pertanyaan-pertanyaan berikut untuk   menentukan daya tarik dasar dari produk atau layanan:
§    Apakah   masuk akal? Apakah masuk akal? Apakah konsumen sesuatu akan merasa   senang?
§    Apakah   itu mengambil keuntungan dari tren lingkungan, memecahkan masalah, atau mengisi   celah di pasar?
§    Apakah   ini waktu yang baik untuk memperkenalkan produk atau layanan ke pasar?   
§    Apakah   ada kesalahan fatal dalam produk atau layanan desain dasar atau   konsep?
                  Pola pikir yang tepat pada tahap analisis kelayakan adalah untuk   mendapatkan pengertian umum dari jawaban atas pertanyaan ini dan yang serupa,   daripada mencoba untuk mencapai kesimpulan akhir. Salah satu cara untuk mencapai   tujuan ini adalah untuk mengelola pengujian konsep.
Uji   Konsep Sebuah tes konsep melibatkan menampilkan gambaran awal dari
produk   atau ide layanan, disebut pernyataan konsep, para ahli industri   dan
calon pelanggan untuk meminta umpan balik mereka. Ini adalah dokumen satu   halaman   yang   biasanya   meliputi:
Ø    Sebuah   deskripsi produk atau jasa. Rincian Bagian ini fitur produk atau jasa, banyak   termasuk sketsa itu juga.
Ø    Target   pasar yang dituju. Bagian ini berisi daftar konsumen atau bisnis yang diharapkan   untuk membeli produk atau jasa.
Ø    Manfaat   dari produk atau jasa. Bagian ini menjelaskan manfaat dari produk atau jasa dan   termasuk account dari bagaimana produk atau layanan nilai tambah dan / atau   memecahkan masalah.
Ø    Penjelasan   tentang bagaimana produk atau jasa akan diposisikan relatif terhadap pesaing.   Posisi perusahaan menjelaskan bagaimana produk atau layanan terletak relatif   terhadap para pesaingnya.
Sebuah   deskripsi singkat dari tim manajemen perusahaan
                       b.   Apa itu sasaran pasar / industry
Analisis   kelayakan industri / pasar merupakan penilaian keseluruhan daya tarik pasar   untuk produk atau jasa yang diusulkan. Untuk analisis kelayakan, ada dua masalah   utama bahwa bisnis harus dipertimbangkan dalam area ini: daya tarik industri dan   daya tarik target pasar.
Sebuah   target pasar adalah tempat dalam segmen pasar yang lebih besar yang mewakili   sebuah kelompok sempit pelanggan dengan kebutuhan yang serupa. Kebanyakan awal   pendirian sederhana tidak memiliki sumber daya yang dibutuhkan untuk   berpartisipasi dalam pasar yang luas, paling tidak pada awalnya. Sebaliknya,   dengan berfokus pada target pasar perusahaan kecil biasanya dapat menghindari   persaingan dengan pemimpin industri dan dapat fokus pada melayani pasar khusus   dengan sangat baik.
Analisa   kelayakan sasaran pasar/ industri merupakan   penilaian daya tarik keseluruhan industri dan sasaran pasar untuk produk atau   jasa yang diusulkan. Ada perbedaan yang jelas antara industri perusahaan dan   sasaran pasarnya, yang harus dipahami dengan jelas. Suatu industri adalah   sekelompok perusahaan yang menghasilkan produk atau jasa sejenis seperti   komputer, mainan anak-anak, pesawat terbang atau ban. Sasaran pasar sebuah   perusahaan adalah bagian terbatas dari industri yang hilang begitu saja atau   keinginan untuk dapat bersaing/ bertahan. Sebagian besar perusahaan tidak   mencoba untuk melayani seluruh industri yang ada. Akan tetapi, mereka akan   memilih atau menentukan sasaran pasar yang spesifik dan mencoba memberikan   layanan pasar yang terbaik. Seperti SmartSense yang tidak mencoba untuk   mentargetkan seluruh industri peralatan medis. Sasaran pasarnya adalah otoritas   medis yang mencari sistem perawatan yang lebih modern dan peduli sistem yang   mudah dipahami oleh pasien.
Ada   2 (dua) komponen analisa kelayakan industri/ sasaran pasar,   yaitu daya tarik industri dan daya tarik sasaran pasar.
Daya   tarik industri   Industri itu bervariasi yang mana paling menarik secara keseluruhan. Secara   umum, industri yang paling menarik memiliki karakteristik yang digambarkan dalam   Tabel 3.4. (3 (tiga) faktor paling atas adalah yang terpenting).   
                                                                                                             
|          Tabel         3.4 Karakteristik Industri yang Menarik/ Daya Tarik         Industri  | 
|          -                  Yang         muda dibanding yang tua/ lama -                  Yang         awal dibanding telat dalam siklusnya -                  Yang         terfragmentasi/tersebar dibanding terkonsentrasi/         terpusat -                  Yang         berkembang dibanding   menyusut/berkurang -                  Menjual         produk atau jasa dimana pelanggan 'harus miliki/punya' ketimbang 'ingin         memiliki' -                  Tidak         padat/ banyak -                  Memiliki         selisih operasi yang tinggi dibanding yang         rendah -                  Tidak         sangat tergantung pada sejarah harga rendah dari bahan baku utama, seperti         bensin atau tepung, tetap       menguntungkan  | 
Industri   muda dibandingkan yang tua/ lama, yang awal dibandingkan yang telat dalam   siklusnya, terfragmentasi dibandingkan terkonsentrasi adalah lebih mudah   menerima pendatang baru dalam industri dengan karakteristik yang berlawanan.   Anda juga ingin memilih suatu industri secara struktur menarik  awal yang   berarti untuk memasuki industri (di berbagai variasi sasaran pasar) dan   bersaing. Beberapa industri yang ditandai dengan hambatan tinggi dalam memasuki   atau mengadakan satu atau dua pemain dominan sebagai pendatang baru yang   potensial pada dasarnya tertutup/sulit.
                  Faktor-faktor lainnya juga penting. Misalnya, sejauh mana lingkungan dan   trend bisnis yang bergerak mendukung bukan berlawanan industri yang penting   untuk keberlangsungan industri tersebut dalam jangka panjang dan kapasitasnya   menghasilkan target atau tempat pasar baru. Apakah perubahan tren ekonomi dan   sosial membantu atau membunuh industri yang mampan ? Apakah selisih/ margin   keuntungan meningkat atau menurun ? Apakah inovasi mempercepat atau berkurang ?   Apakah biaya input akan naik atau turun ? Apakah ada peluang pasar baru untuk   produk pokok industri atau pasar yang ada saat ini sedang ditutup oleh industri   yang bersaing ? Anda tidak dapat mencakup setiap aspek dari suatu industri,   tetapi Anda harus menentukan sikap apakah Anda memasuki industri yang baik atau   yang buruk untuk memulai.
                  Informasi yang beralamat pada masing-masing isu/ masalah ini tersedia   melalui laporan industri yang diterbitkan oleh IBISWorld, Mintel, Standard &   Poor NetAdvatage dan sejenis database fee-based yang biasanya gratis jika   dinilai melalui situs Web di perpustakaan universitas atau publik besar. Sumber   daya ini tercantum dalam Tabel Sumber Daya Internet pada Lampiran 3.2. The First   Screen (Tampilan Pertama), merupakan contoh analisis kelayakan yang disertakan   dalam Lampiran 3.1, termasuk bagian yang   menarik perhatian mengenai masalah yang paling penting untuk diperhatikan   sehubungan dengan daya tarik industri selama tahap analisa kelayakan pada   penyelidikan ide bisnis.
Daya   tarik sasaran pasar seperti   yang disebutkan, sasaran pasar adalah sebuah tempat yang di dalamnya terdapat   segmen pasar yang luas/ besar yang mewakili sekelompok sempit/ kecil pelanggan   dengan kebutuhan yang sama. Kebanyakan awal yang sederhana tidak memiliki sumber   daya yang dibutuhkan untuk berpartisipasi    dalam pasar yang luas, paling tidak di awalnya. Sebaliknya, dengan   berfokus pada sasaran pasar yang lebih kecil, perusahaan biasanya dapat   menghindari persaingan head-to-head dengan pemimpin industri dan dapat fokus   pada layanan pasar khusus dengan sangat baik. Ini juga tidak realistis, dalam   banyak kasus, untuk memulai memperkenalkan ide produk yang sama sekali original   ke pasar yang sama sekali baru. Dalam kebanyakan kasus, produk tersebut terlalu   mahal untuk menjadi pionir di setiap daerah. Paling sukse dalam memulai baik   dalam mengenalkan produk baru ke pasar yang telah ada (seperti SmartSense   memperkenalkan peralatan monitoring ke pasar medis yang telah ada) atau   memperkenalkan ke pasar baru untuk produk yang telah ada.
                  Tantangan dalam mengidentifikasi sasaran pasar yang menarik ialah untuk   menemukan pasar yang cukup besar untuk usaha yang diusulkan tetapi belum cukup   dalam menghindari daya tarik pesaing yang lebih besar, paling tidak sampai usaha   kewirausahaan bisa mendapatkan awal yang sukses. Sebuah contoh dari perusahaan   yang mentargetkan pasar yang memenuhi kriteria ini yaitu Dogster, sebuah situs   jejaring sosial untuk pemilik anjing dan subyek kasus 10.1. Situs ini   memungkinkan pengguna untuk membuat profil anjing mereka, berpartisipasi dalam   forum yang berhubungan dengan anjing mereka, dan melakukan sejumlah kegiatan   lainnya. Situs ini, dimulai pada tahun 2004 bersamaan dengan situs Catster,   sekarang memiliki lebih dari 500 ribu profil anjing dan kucing. Pada bulan   Oktober 2008, kunjungan situs ini melampaui 1 juta dalam satu bulan. Hal ini   membuat keuntungan dengan menempatkan iklan di situs ini dan telah mendapatkan   iklan blue-chip  seperti Netflix,   Disney dan Target. Meskipun Dogster beroperasi dalam industri hewan peliharaan   memperoleh $ 38 miliar, dan telah mendapatkan target khusus atau tempat pasar   untuk dirinya sendiri dan menguntungkan. Ini merupakan sebuah awal yang baik   terutama tetap laser difokuskan pada target pasar yang jelas (jaringan sosial   untuk pemilik anjing dan kucing) dalam industri yang lebih   besar.
                  Sementara itu umumnya mudah untuk menemukan informasi yang baik untuk   menilai daya tarik dari seluruh industri, ketajaman daya tarik target pasar   kecil di dalam industri yang ketat, terutama jika awal merintis pasar sasaran.   Seringkali, dalam situasi seperti ini, informasi lebih dari satu industri dan /   atau pasar harus dikumpulkan dan disintesis untuk membuat keputusan penilaian.   Sebagai contoh, H20Audio, diperkenalkan pertama kali di Bab 2, membuat tempat   yang tahan air untuk iPod dan iPod nano. Tempat yang tahan air memungkinkan   pengguna iPod untuk mendengarkan iPod mereka saat berenang, berselancar, ski,   atau terlibat dalam aktivitas apapun di mana iPod kemungkinan akan basah.   Pertanyaan untuk produk seperti ini adalah apakah penilaian   pasar?
                  Tidak ada kode SIC (Standard Industrial Classification - Klasifikasi   Industri Standar) atau NAICS (North American Industry Classifications System -   Amerika Utara Sistem Klasifikasi Industri) untuk industri atau pasar "iPod yang   tahan air". Jelas, kombinasi dari pasar harus dipelajari, termasuk pasar MP3   atau iPod, pasar aksesori iPod, dan pasar untuk air dan olahraga salju. Ini akan   menjadi penting tidak hanya mengetahui seberapa baik iPod aksesoris yang laku/   terjual tetapi juga apa yang menjadi tren saat ini dalam air dan olahraga salju.   Jika aksesoris iPod laku/ terjual seperti kacang goreng namun olahraga air dan   salju mengalami penurunan tajam, target pasar pada H20Audio sebagai perintis   akan jauh kurang menarik dibandingkan jika iPod terjual dengan baik dan minat   dalam olahraga air dan olahraga salju meningkat pesat.
                  Sumber-sumber informasi yang ada juga tidak transparan ketika menyelidiki   daya tarik sasaran pasar dibandingkan daya tarik industri. Katakanlah Anda ingin   mendukung ide H20Audio dan menciptakan tempat paling tahan lama yang kedap udara   (yang hampir tidak dapat dihancurkan dan tidak memungkinkan kotoran atau debu   yang masuk) untuk iPhone bagi orang-orang yang berpartisipasi dalam olahraga   ekstrim (yaitu, bersepeda gunung, hang-gliding, skateboard, motorcross, dll).   Cara terbaik untuk menilai daya tarik sasaran pasar ini tidak sepenuhnya jelas.   Tabel 3.5 berisi daftar saran, yang menggambarkan jenis kreativitas yang   diperlukan untuk mencari informasi tentang sasaran pasar yang didefinisikan   secara sempit. Pada akhirnya, akan membutuhkan sebuah perpaduan dari data dan   fakta yang dikumpulkan dari berbagai sumber untuk mendapatkan gambaran apakah   menciptakan tempat paling tahan lama yang kedap udara untuk iPhone bagi peserta   olahraga ekstrim adalah sasaran pasar yang menarik. Anda akan perlu untuk   membangun sebuah daftar serupa sebagai sumber informasi yang potensial untuk   menilai daya tarik dari sasaran pasar produk atau jasa Anda akan berusaha untuk   mendapatkannya.
|          Tabel         3.5 Sumber-sumber Informasi Potensial untuk Menilai Daya Tarik Sasaran         Pasar Untuk Tempat Iphone paling Tahan Lama yang Kedap Udara bagi Peserta         Olahraga Ekstrim  | 
|                   Jenis "Industri aksesoris Telepon" ke Google atau Yahoo ! Carilah         untuk mendapatkan informasi umum tentang lintasan penjualan aksesori         iPhone.           Lihat ke sebuah situs untuk melihat informasi atau yang menjual         aksesoris  iPhone, seperti         iPhoneGold.org, dan melihat apakah produk serupa sudah dijual Jika ya,         lihat ke situs Web perusahaan untuk melihat apakah ada bukti laporan         tentang daya tarik pasar. Perusahaan ini mungkin sudah melakukan banyak         pekerjaan untuk Anda.           Cobalah untuk menentukan apakah ada asosiasi perdagangan atau pameran         dagang tahunan untuk produsen aksesori telepon dan produsen pakaian         olahraga ekstrim dan perlengkapan. Hubungi organisasi terkait untuk         menanyakan apakah mereka memiliki data yang mungkin bisa         membantu.          Cari artikel koran dan majalah pada aksesoris iPhone menggunakan mesin         pencari umum seperti Cari Artikel (www.findarticles.com)         dan           Cari surat kabar dan artikel majalah tentang olahraga ekstrim, khusus         mencari untuk penggemar olahraga ekstrim bagaimana melindungi produk yang         mereka bawa saat turut berpartisipasi dalam olahraga mereka. Mesin         pencarian juga mendapatkan dengan sangat cerdas. Coba masuk ke         Google, Yahoo, atau ProQuest aksesoris iPhone "+ olahraga ekstrim 'dan         lihat apa yang terjadi.          Hubungi perusahaan yang berfokus pada olahraga ekstrim untuk meminta data         penjualan dalam menemukan pemimpin industri yang luas dan bertanya apakah         tempat paling tahan lama yang kedap udara untuk iPhone saat ini         ada. Jika tidak ada, tanyakan apakah itu akan menyertakan produk jika         tersedia (Anda bahkan bisa mendapatkan pelanggan pertama Anda dengan cara         ini). Jangan malu-malu. Adrenalina, yang merupakan jaringan         ritel yang mengkhususkan diri dalam pakaian olahraga ekstrim dan         perlengkapan (dan juga fokus pada "You Be the VC 14.1"), daftar nomor         telepon dan alamat e-mail dari setiap toko ritel dan kantor         perusahaan tepat pada situs     Web-nya.  | 
4. BAB IV : a.   Jelaskan pedoman untuk menulis suatu perencanaan bisnis
Pedoman   untuk Menulis sebuah Rencana Bisnis
Terdapat   beberapa pedoman penting yang harus mempengaruhi penulisan rencana bisnis.   Penting untuk mengingat bahwa rencana bisnis perusahaan adalah aspek pertama   yang khusus dalam usulan usaha yang akan dilihat seorang investor. Jika rencana   tidak lengkap atau terlihat tidak rapi, mudah bagi investor untuk berkesimpulan   bahwa usaha itu sendiri tidak lengkap atau tidak rapi. Sangat penting untuk   sensitif terhadap struktur, isi, dan gaya rencana bisnis sebelum mengirimnya   pada investor atau orang lain yang mungkin terlibat dengan perusahaan baru.   Tabel 4.1 mendaftar beberapa "bendera merah" yang terbit aspek-aspek tertentu   dari rencana bisnis tidak cukup atau tidak mengenai sasaran.
Struktur   Rencana Bisnis. Untuk   membuat kesan yang terbaik, rencana bisnis harus mengikuti struktur   konvensional, seperti bagan yang diperlihatkan pada bagian selanjutnya. Meskipun   sebagian enterpreneur ingin menunjukkan kreativitas   pada setiap yang mereka lakukan, departing dari struktur dasar format rencana   bisnis konvesional biasanya salah. Investor merupakan orang yang sangat sibuk   dan menginginkan sebuah rencana ketika mereka dapat dengan mudah menemukan   informasi kritis. Jika seorang invenstor memburu sesuatu karena itu pada tempat   yang tidak biasa atau tidak disana, dia dapat dengan mudah menyerah pindah pada   rencana selanjutnya.
Banyak   kemasan software   yang tersedia bekerja interaktif, menu didorong  mendekati pada membantu dalam menulis rencana bisnis. Beberapa   dari program tersebut sangat membantu. Bagaimanapun, entrepreneur menghindari   pengulangan rencana yang terlihat seperti datang dari sumber daya yang kalengan.   Kemasan software mungkin sangat membantu dalam menyediakan struktur dan   menghemat waktu, tapi informasinya dalam rencana harus tetap disesuaikan untuk   bisnis individual. Beberapa bisnis mengupah konsultan atau penasehat dari luar   untuk menulis rencana-rencana bisnis mereka. Meskipun tidak ada salahnya dengan   mendapatkan masukan atau meyakinkan bahwa rencana terlihat seprofesional   mungkin, konsultan atau penasehat dari luar sebaiknya tidak menjadi penulis utama dari rencana. Bersama dengan   kenyataan dan angka-angka, sebuah rencana bisnis membutuhkan antisipasi   dan semangat   terhadap segala kemungkinan   yang mengelilingi sebuah usaha   baru, hal   paling baik yang   dilakukan   oleh pencipta bisnis sendiri.
Isi   Rencana Bisnis.   Rencana   bisnis sebaiknya memberi informasi yang jelas dan singkat pada semua aspek yang   penting dalam usulan usaha baru. Itu akan cukup lama untuk menyediakan informasi   yang cukup, namun cukup sebentar untuk mempertahankan minat pembaca. Bagi   rencana-rencana kebanyakan, 25 atau 35 halaman adalah cukup. Informasi   pendukung, seperti resume entrepreneur pendiri, dapat muncul dalam   lampiran.
Setelah   rencana bisnis lengkap, sebaiknya diulas ejaannya, tata bahasanya, dan yakinkan   bahwa tidak satupun informasi kritis yang dihilangkan. Ada banyak cerita tentang   rencana bisnis dikirim kepada para investor yang meninggalkan informasi penting,   seperti tren industry signifikan, berapa banyak uang yang dibutuhkan perusahaan,   atau uang akan digunakan untuk apa. Satu investor bahkan mengatakan pada penulis   buku ini bahwa dia pernah menerima rencana bisnis yang tidak termasuk informasi   yang berhubungan dengan entrepreneur. Rupanya, si entrepreneur terlalu   konsentrasi pada isi rencana sehingga dia lupa untuk memberikan informasi yang   berhubungan dengan rencana bisnisnya itu sendiri. Hal ini memalukan, sebab   investor lebih tertarik mempelajari tentang gagasan   bisnis.
Gaya   atau format Rencana Bisnis.   Penampilan   rencana  harus hati-hati dipikirkan.   Harus terlihat tajam tapi tidak memberi kesan bahwa banyak menghabiskan uang   untuk menghasilkan itu. Mereka yang membaca rencana bisnis tahu bahwa   entrepreneur memiliki keterbatasan sumber daya dan mengharapkan mereka untuk   bertindak demikian. Plastik pengikat spiral termasuk sampul transparan dan   lembar belakang untuk mendukung rencana adalah pilihan yang baik. Ketika menulis   rencana, hindari terbawa   dengan elemen desain yang termasuk dalam program pengolah   kata.,   seperti jenis boldfaced, italic, ukuran huruf dan warna yang berbeda, clip art,   dan sebagainya. Terlalu sering menggunakan alat ini membuat rencana bisnis   tampak amatir bukan profesional. 
Satu   pertanyaan yang biasa ditanyakan oleh penulis rencana bisnis adalah "Berapa   panjang dan seberapa detail seharusnya itu dibuat ?. Jawabannya tergantung pada   tipe dari rencana bisnis yang akan ditulis. Ada tiga tipe Rencana Bisnis,   tiap-tiap tipe memiliki aturan praktis yang berbeda tentang panjang dan tingkat   detail. Disajikan pada Figure 4.2, tiga tipe rencana   bisnis.
1.   Ringkasan   rencana : Sebuah ringkasan rencana bisnis terdiri dari 10 sampai 15 halaman dan   berfungsi baik untuk perusahaan yang sangat cepat dalam pembangunan mereka dan   yang tidak siap untuk menulis rencana secara penuh.   
Penulis   dapat saja meminta dana untuk melakukan analisis yang dibutuhkan dalam menulis   rencana secara penuh. Ironisnya, ringkasan rencana bisnis juga digunakan   entrepreneur yang sangat berpengalaman yang mungkin berpikir tentang usaha baru   tapi tidak mau meluangkan waktu untuk menulis rencana bisnis yang penuh.   Misalnya, jika seseorang seperti Mark Zuckerberg, pendiri dan CEO dari Facebook,   berpikir tentang memulai bisnis baru, dia mungkin menulis sebuah ringkasan   rencana bisnis dan mengirimkannya pada para investor yang terpilih untuk   mendapatkan feedback dari idenya. Kebanyakan investor tahu tentang kesuksesan   Zuckerberg dengan Facebook dan tidak membutuhkan informasi yang   detail.
2.   Rencana   bisnis penuh : Sebuah rencana bisnis penuh, biasanya terdiri dari 25 sampai 35   halaman. Jenis   rencana ini   merencanakan   lebih detail dari rencana bisnis ringkasan,   dan formatnya biasa digunakan untuk mempersiapkan rencana bisnis untuk seorang   investor.
3.   Rencana   bisnis operasional : beberapa bisnis didirikan akan menulis sebuah rencana   bisnis operasional, yang terutama ditujukan untuk audiens internal. Sebuah   rencana bisnis operasional  adalah   sebuah blueprint untuk operasional perusahaan. Biasanya terdiri sepanjang 40 dan   100 halaman, rencana ini memiliki fitur yang jelas dan sangat detail. Sebuah   pembangunan rencana bisnis operasional yang lebih efektif dapat membantu   perusahaan baru memberikan bimbingan/pedoman kepada manajer   operasional.
Tidak   jarang seorang investor untuk awalnya meminta salinan ringkasan eksekutif atau   slide power point yang menampilkan gambaran dari bisnis yang diusulkan daripada   rencana bisnis penuh. Hal ini normal, jadi jangan kaget jika ini terjadi pada   anda. Jika minat investor memuncak, dia akan menanyakan lebih banyak informasi.   Jangan salah menginterpretasikan sinyal yang dikirimkan para investor dengan   tidak menanyakan rencana bisnis penuh. Masih tetap penting menulisnya. Pendapat   ini disampaikan oleh Bred Feld, seorang kapitalis usaha berbasis di Boulder,   Colorado, yang menulis :
"Menulis   rencana bisnis yang baik itu berat. Di satu sisi  menjadi titik awal untuk diskusi dengan   sumber pendanaan yang lebih (angels and VCs). Hari ini, sementara rencana bisnis   formal kurang kritis untuk masuk, latihan menulis rencana bisnis akan sangat   membantu. Sebagai seorang entrepreneur, saya terlibat dalam banyak penulisan   rencana bisnis. Hampir selalu membosankan, menghabiskan waktu, dan sulit tapi   hasilnya bagi saya memberikan banyak pemahaman yang lebih baik tentang bisnis   yang saya coba untuk ciptakan."
Surat   lamaran sebaiknya menemani rencana bisnis yang dikirimkan kepada investor atau   pemangku kepentingan lainnya melalui pos. Surat lamaran sebaiknya memperkenalkan   secara singkat tentang entrepreneur dan menyatakan secara jelas mengapa rencana   bisnis dikirimkan pada individu yang menerimanya Sebagaimana didiskusikan pada   Bab 10, jika usaha baru mencari pendanaan, adalah   strategi yang miskin untuk memperoleh daftar investor dan membabi buta mengirim rencana untuk semua orang di daftar.   Sebaliknya, tiap orang yang menerima salinan rencana sebaiknya dipilih secara   berhati-hati atas   dasar menjadi calon investor yang layak.
Mengenali   unsur-unsur   rencana   dapat   berubah. Pedoman   akhir untuk menulis rencana bisnis adalah mengenali bahwa rencana akan selalu   berubah. Wawasan   baru   selalu muncul ketika seorang pengusaha atau tim pengusaha membenamkan diri dalam menulis rencana   dan mulai mendapatkan umpan balik dari orang lain.   Proses ini berlanjut sepanjang usia perusahaan, dan ini membuat pengusaha tetap   waspada serta terbuka terhadap wawasan dan gagasan baru. Hasil dari fenomena   ini, entrepreneur yang telah menulis rencana bisnis dan telah meluncurkan bisnis   yang sukses menekankan bahwa rencana bisnis adalah hidup, dokumen yang bernyawa,   bukan sesuatu yang kaku. Pandangan ini dikemukakan oleh Calvin Tang, pendiri   Newsvine, sebuah platform berita sosial online yang baru saja diakuisisi oleh   MSNBC. Dalam   hal   rencana bisnis menjadi   hidup,   dokumen bernapas, Tang   mengatakan   : 
 "Saran saya pada para entrepreneur  untuk   tetap setia pada rencana bisnis Anda dan visi Anda. Tetapi pada saat yang sama,   harus cukup gesit untuk dapat membaca lingkungan dan menimbang pilihan terhadap   satu sama lain dan mencoba untuk membuat keputusan terbaik."
Komentar   semangat Tang direfleksikan pada fitur "Perusahaan Kewirausahaan yang Cerdas".   Fitur berkonsentrasi dalam tantangan yang menentukan seberapa dekat untuk   tetap pada   rencana bisnis Anda setelah bisnis Anda   diluncurkan.
                       b.   Jelaskan Financial Proyection 
Dalam tahap   ini dituliskan sumber laporan anggaran dana dalam proposal   dana.
1.        Dituliskan   sumber dananya dari mana
2.        Dan untuk apa   dana itu digunakan
3.        Tempat   pembuatan proposal dana dengan detailnya 
4.        Laporan   keuangan itu berdasarkan apa?
5.        Kita mencatat   segala hal pengeluaran budget apa saja yang diperlukan? Proyek apa saja yang   akan dilakukan? Berapa biaya yang diproyeksikan akan keluar. Gambaran umum   pengeluaran dana nya hingga tahap akhir. Rincian pengeluaran. 
Tahap   final ialah Financial   Projections.   Tahap ini memang sengaja ditaruh paling terakhir untuk menjadi pembahasan   terakhir dalam membahasakan semua rencana pengembangan diatas dalam bidang   keuangan.
Langkah   pertama, Sources   and Uses of Funds Statement berbicara   tentang sumber keuangan dalam membangun perusahaan tersebut. Langkah   ini secara spefisik menjabarkan bagaimana modal dibutuhkan, bagaimana modal akan   didapat, dan akan digunakan untuk apa saja.
Langkah   kedua, Assumption   Sheet yang   sedikit banyak menjabarkan tentang asumsi-asumsi yang berlangsung disekitar dan   cukup mendukung keyakinan anda untuk menjalankan perusahaan tersebut. Asumsi   yang dibuat sebaiknya sungguh-sungguh didasarkan pada data-data yang diambil   untuk menciptakan sikap optimis.
Langkah   ketiga adalah Pro Forma atau proposal keuangan proyek. Dikatakan dalam buku   tersebut, bahwa proposal keuangan proyek merupakan inti dari tahap keuangan   rencana bisnis. Hal   yang dicatat dalam Pro Forma adalah Income   Statements (Pendapatan), Balance   Sheets(Keseimbangan   neraca), Cash   Flows(Pengaliran   dana). Ratio   Analysis sebagai   tahap terakhir bagi para penulis rencana bisnis untuk menginterpretasikan sejauh   mana Return On Assets dan Return On Sales akan didapat.
6.        BAB V :  a. Jelaskan Threat of New   Entrance   (ancaman dari pemain baru)
THREAT   OF NEW ENTRANTS (ANCAMAN PEMAIN BARU)
                  Secara umum, industri akan lebih menarik ketika hambatan masuknya   tinggi/competitor tidak dapat masuk ke industri dengan mudah untuk meniru apa   yang dilakukan industri tersebut. Ada beberapa cara yang dilakukan perusahaan   untuk membatasi jumlah pemain dalam industri tersebut. Berikut adalah   teknik-teknik yang disebut sebagai hambatan masuk. Hambatan masuk adalah kondisi   yang membuat perusahaan baru enggan memasuki sebuah   industri.
§    SKALA   EKONOMIS
Industri   yang dicirikan oleh skala ekonomi yang tinggi kurang menarik bagi perusahaan   baru untuk masuk dalam industri tersebut, kecali mereka mau menerima keadaan   yang tidak menguntungkan. Skala ekonomis terjadi ketika mereka mau menerima   produk dengan biaya rata-rata yang murah. Contohnya Intel memiliki pabrik   microchip yang banyak jumlahnya. Hal ini akan menyulitkan industri baru masuk   untuk mengambil keuntungan dari sektor ini. 
§    DIFERENSIASI   PRODUK
Industri   seperti industri minuman ringan yang memiliki brand yang kuat sulit dikalahkan   tanpa menghabiskan biaya iklan yang besar. Bayangkan, berapa besar biaya yang   akan dihabiskan untuk bersaing melawan Coca-Cola atau Pepsi. Cara lain untuk   mencapai diferensiasi adalah melalui perjanjian lisensi eksklusif. Contohnya,   pada tahun 2004, Electronic Arts melakukan kerjasama eksklusif dengan National   Football League, membuatnya menjadi satu-satunya perusahaan yang dapat   memproduksi games elektronik yang melibatkan pemain, tim, dan stadium   NFL.
§    MODAL   YANG DISYARATKAN
Banyaknya   dana yang diperlukan untuk investasi merupakan keuntungan bagi industri bermodal   kuat sekaligus menjadi hambatan bagi industri lainnya. Industri penerbangan   merupakan industri bermodal besar, meskipun demikian JetBlue yang didirikan   tahun 1999, mampu mengatasi hambatan ini dan memperoleh dana substansial dengan   memperoleh kepercayaan investor melalui kekuatan bisnis model dan tim   manajemennya.
§    COST   ADVANTAGES INDEPENDENT OF SIZE
Pesaing   dalam industri mungkin memiliki keunggulan biaya yang tidak terkait perusahaan   ukuran yang tidak berlaku bagi pemain baru. Biasanya, keunggulan-keunggulan ini   didasari oleh sejarah perusahaan. Contohnya, pesaing yang masih ada dalam   industri mungkin telah membeli tanah dan peralatan pada masa lalu dengan biaya   yang jauh lebih murah dibandingkan pemain baru harus membayar asset yang sama   pada saat mereka masuk ke industri tersebut.
§    AKSES   PADA SALURAN DISTRIBUSI
Saluran   distribusi seringkali menyulitkan. Hal ini nyata terlihat bagi pasar yang ramai,   seperti toko konvensional. Untuk minuman olahraga yang baru akan ditempatkan di   toko konvensional, tidak akan ditempatkan pada tempat yang sama dengan produk   yang sudah lama.
§    HAMBATAN   LEGAL DAN PEMERINTAH
Industri   dengan tingkat pengetahuan intensif, seperti bioteknologi dan perangkat lunak,   paten, merek dagang, dan hak cipta membentuk hambatan masuk. Industri lainnya,   seperti perbankan dan penyiaran, mensyaratkan adanya ijin atau lisensi dari   otoritas public.
Ketika   sebuah perusahaan mencoba untuk memasuki sebuah industri dengan hambatan masuk   yang kuat, perusahaan tersebut harus memiliki rencana untuk mengatasi hambatan   masuk tersebut. Scott McNealy, penemu Sun Microsystems, mengatakan bahwa Sun   mampu mengatasi hambatan masuk ke sebuah industri melallui sebuah program   berpartner dengan perusahaan lain :
            "Pada dasarnya, model bisnis Sun tidak berbeda dengan lawan-lawannya.   Kami mau mengalahkan pesaing kami, bertumbuh secara internal, membangun pabrik   manufaktur, menciptakan saluran distribusi baru, dan seterusnya. Apa yang   terjadi adalah bahwa kami tidak dapat melakukannya sendirian. Pasar sangat   kompleks, competitor kami sangat besar, adanya hambatan masuk ke beberapa   segmen, kami tidak memiliki dana yang cukup, dan perubahan yang terjadi dalam   industri sangat cepat. Apa yang kami lakukan murni berdasarkan insting. Kami   menggandeng perusahaan-perusahaan lain yang dapat membantu kami. Kami   memanfaatkan keahlian mereka dan khususnya produk-produk mereka dengan membentuk   aliansi strategis."
Ketika   mulai menciptakan industri merka atau menciptakan ceruk pasar yang baru dalam   industri yang sudah ada, mereka harus menciptakan hambatan masuk untuk   mengurangi ancaman dari pemain baru. Kesulitan untuk memulai sebuah bisnis   karena biaya yang diperlukan besar, misalnya skala ekonomis, karena finansial   umumnya bersifat ketat. Ancaman terbesar bagi kelangsungan perusahaan, khususnya   jika ia berhasil menciptakan pasar baru yang besar, perusahaan dengan struktur   pendanaan yang lebih baik akan mencoba dan melakukan hal yang sama. Hambatan   masuk yang ideal adalah patent, merek dagang, atau hak cipta,yang mencegah   perusahaan lain meniru yang dilakukan perusahaan. Terpisah dari pilihan ini,   perusahaan dapat juga mengandalkan hambatan non-tradisional untuk mengurangi   minat pemain baru masuk dalam bisnis ini, misalnya membentuk team management   kelas dunnia yang akan sulit ditiru oleh perusahaan lain.
                       b.   Pelajari trend industri
MEMPELAJARI   TREND INDUSTRI
Teknik   pertama yang dimiliki wirausaha untuk menilai daya tarik yang dimiliki sebuah   industri adalah mempelajari trend industri. Dua kecenderungan yang paling   penting adalah trend lingkungan dan trend bisnis.
Ø    TREND   LINGKUNGAN
Seperti   yang sudah didiskusikan dalam chapter 2, trend lingkungan sangat penting.   Kekuatan dari sebuah industri seringkali tidak tergali dengan baik karena   keahlian managerial dari perusahaan-perusahaan dalam industri tersebut, tetapi   karena trend lingkungan lebih berperan dalam penjualan produk atau jasa yang   dijual perusahaan dalam industri tersebut.
Trend   ekonomi, trend sosial, kemajuan teknologi, perubahan politik dan hukum merupakan   trend lingkungan yang paling penting dalam pembelajaran kewirausahaan.   Contohnya, ada industri yang menjual produk untuk para orang tua seperti   industri kacamata dan alat bantu dengar, memperoleh keuntungan dari populasi   berdasaran umur (trend sosial).    Sebaliknya, industri yang menjual produk makanan dengan kandungan gula   tinggi, seperti industri permen dan minuman ringan merupakan hasil dari   pembaharuan dari paradigma kesehatan. Seringkali, perubahan lingkungan yang   terus menerus akan menentukan masa depan dari sebuah industri. Point ini   menggambarkan pernyataan dari Standard&Poor's NetAdvantage berikut mengenai   penilaian terhadap masa depan industri sepeda motor :
"Dari   waktu ke waktu, kami berpikir bahwa faktor-faktor yang mungkin mempengaruhi   penjualan sepeda motor adalah pendapatan pribadi dan tingkat pembelanjaan,   kepercayaan diri customer, tingkat pengangguran, demografis, jumlah waktu   senggang yang dimiliki orang, dan sejauh mana dampak pengenalan terhadap merk   dan fitur yang diciptakan. Kami mengharapkan bahwa populasi usia dan dampaknya   terhadap permintaan customer akan membatasi industri untuk pertumbuhan   penjualan. Di Amerika Serikat, kami mengharapkan bahwa peningkatan usaha akan   medorong jumlah pengendara motor wanita."
Pernyataan   singkat tersebut menunjukkan sejauhmana perubahan lingkungan dapat mempengaruhi   industri, dan kemungkinan menyebabkan seorang wiraswasta-yang sedang   mempertimbangan untuk memasuki industri sepeda motor-menghentikan niatnya. Hal   serupa juga terjadi dalam semua industri.
Beberapa   industri mengalami pertumbuhan yang lambat atau tidak ada pertumbuhan sama   sekali selama bertahun-tahun dan tiba-tiba mengalami pertumbuhan yang meningkat   tajam sebagai akibat dari kesadaran entrepreneur bahwa perubahan lingkungan   telah berdampak positif terhadap industri. Contoh berikut ini adalah industri   kasur/matras. Business Week 2007   mengeluarkan daftar "100 Perusahaan Kecil Yang Layak Dilihat", diantaranya   Select Comfort dan Tempur-Pedic International yang merupakan industri   kasur/matras. Mengejutkan bukan. Siapa yang menyangka bahwa di antara perusahaan   berteknologi tinggi dan perusahaan lain yang lebih menarik di Amerika Serikat   bahwa dua perusahaan kasur/matras akan masuk di dalam daftar tersebut?   
Tetapi   sejumlah trend lingkungan telah bekerja dalam industri.
·           Meningkatnya   pendapatan telah menyebabkan peningkatan penjualan kasur/matras di   pasar.
·           Tingginya   biaya pengiriman telah membatasi import (import hanya ditunjukkan oleh 2,9% dari   keseluruhan penjualan industri kasur/matras di Amerika   Serikat.
·           Meningkatnya   pembangunan hotel dan motel telah berdampak dalam permintaan kasur untuk sektor   tersebut.
·           Di   Amerika Serikat, ada sekitar 2,7 juta rumah sakit dan tempat tidur untuk rawat   di rumah. Hal ini secara langsung berdampak pada tingginya tingkat pembelian   matras yang memungkinkan untuk disetel secara elektronik. Sebagai populasi   berdasarkan usia, pasar peralatan kesehatan akan terus   berkembang.
·           Meningkatnya   pasar baru untuk matras/kasur yang diciptakan dari kesadaran untuk meningkatkan   kualitas tidur dan membuat leher dan tulang belakang lebih   baik.
·           Perbaikan   teknologi dalam design, penggunaan busa, dan konstruktsi keseluruhan dari matras   telah menstimulasikan tingginya permintaan matras berkualitas   tinggi.
Jika   Anda meluangkan waktu untuk mencari informasi dari website Select Comfort dan   Tempur-Pedic, Anda akan melihat bahwa mereka berusaha memenuhi trend di   masyarakat. Kesadaran terhadap trend lingkungan dapat membantu pemahaman yang   lebih baik untuk memasuki industri dan membantu mereka mengembangkan bisnis   dengan lebih berhasil.
Ø    TREND   BISNIS
Trend   lain yang juga berdampak pada industri yang buka merupakan trend lingkungan   tetapi penting untuk disebutkan. Misalnya, perusahaan dalam beberapa industri   memperoleh keuntungan dari peningkatan kemammpuan manufaktur outsource atau   penggunaan jasa terhadap pasar tenaga kerja asing dengan biaya murah, sementara   perusahaan di industri lain tidak merasakan manfaat ini. Sama halnya,   perusahaan-perusahaan dalam beberapa industri mampu memindahkan pemesanan dan   pelayanan terhadap customer secara online dengan mempertimbangkan penghematan   biaya, sementara perusahaan di industri lainnya tidak memperoleh keuntungan ini.   Trend seperti ini hanya berlaku untuk industri tertentu.
6. BAB VI :   Jelaskan komponen sebuah model bisnis yang efektif
1.   inti strategi (bgmn perusahaan tsb dpt bersaing)
-   Pembahasan tentang visi misi perushaan
-   Lingkup produk dan pasar yang dijalani
-   Perbedaan produk kita dengan produk lain (value added)
2.   Strategi sumber daya (Bgmn perusahaan memperoleh dan menggunakan   sumberdayanya)
-   Hrs memiliki ketrampilan yg unik, punya nilai kepada konsumen, tdk mudah ditiru,   dialihkan ke peluang baru.
-   Mencakup pabrik, peralatan, lokasi,merek, paten, data pelanggan, staff yang   berkualitas.
3.   Kemitraan jaringan (Bgmn struktur perusahaan dpt memelihara   kemitraannya)
-   Supplier yang menyediakan layanan
-   Bentuk kerjasama lain : Joint venture-Kerjasama 2 perusahaan atau lebih dan   merupakan upaya menyatukan 2 sumberdaya yang berbeda dalam satu organisasi.   Konsorsium. Aliansi.
4.   Pelanggan yang membeli secara langsung ( dpt langsung berinteraksi antara   penjual dan  pembeli)   :
-   Kita  hrs mengenali Target   pasar
-   Hrs mengenali faktor2 apa yang mendorong perusahaan dalam mencapai   pasar
-   Hrs melakukan penentuan harga
Comments
Post a Comment