*** replacement schedule due to holiday (21 july) is on 28 juy (ibu ninawati section)
FUNGTIONAL STRATEGY
Pendekatan dari sebuah functional area untuk mencapai tujuan dan strategy corporate dan bisnis unit dengan memaksimalkan produktifitas sumber daya.
1.Marketing Strategy
Suatu kegiatan yang terlibat dengan 5P
Strategi pengembangan pasar: 1) meraih pangsa pasar lebih besar dari pasar yang ada melalui kejenuhan pasar dan penetrasi pasar 2)
Pengembangan produk ba: 1) mengembangkan produk baru untuk pasar yang sudah ada , 2)mengembangkan produk baru untuk pasar yang baru.
a)push marketing strategy -membuat customer membeli karena memang tertarik dengan offering dr perusahaan
b)pull marketing strategy- marketer mendorong sedemikian rupa agar konsumen jadi membeli produk ybs
price strategy: 1) penetration pricing – memberikan harga murah saat meluncurkan produk baru atau mengambil konsumen pesaning. 2)skim pricing- memberikan harga yang mahal karena permintaan pasar sedang tinggi.
Promotion strategy- push selling: 1)direct selling & 2)personal selling and pull strategy 3)advertising dan 4)public relation.
Place strategy: pada umumnya barang yang penempatan tepat maka penjualannya lebih baik.
2. Finance Strategy
3.R&D Strategy
Berkitan dengan inovasi produk , inovasi proses dan improvement both product and process.
Pilih perusahaan sebagai 1) technological leadership < pioneer> atau 2) technological follower <follower>
4. Operation Strategy
Mass production:produksi banyak sesuai persanan
Mass customization : produksi banyak tidak sesuai dengan pesanan.
5. …. Strategy
6.Logistic Strategy
7.HR Strategy
Low skill employee: low pay & high turn offer
Skilled Employee: high pay & dapat me-manage team masing2
8.Information Technology
STRATEGY YANG HARUS DIHINDARI (strategi boleh dilakukan tetapi harus berhati2)
1)Follow the leader: ikuti atasan atau ikuti pesaing
2)Hit another home rum : perusahaan sudah jalankan suatu usaha/produk dengna baik dan sukses trus tiba2 dia lihat produk/usaha baru yang menarik sehingga perhatian terbagi. Yang harus diperhatikan adalah sejauh mana perusahaan dapat menghandle semuanya dengan baik dan prioritas mana yang terbaik untuk diambil.
3)Arms race: perusahaan terlalu bersemangat biasanya dalam mengejar pangsa pasa yang biasanya berpotensi pada penurunan -
4)Do everything: melakukan segala hal/memcurahkan konsentrasi habis2an pada sebuah kegiatan, dibandingkan dengan alternative jawaban yang lainnya
5)Loosing hand - Kita tidak rela keluar dari sebuah usaha tertentu (yang tidak memberikan kontribusi positif) karena merasa sudah memberikan investasi yang besar.
Process of Strategic Strategy (check detail)
Yang harus diperhatikan dalam functional strategy issue
a) Risiko dari tiap alternative strategi yang digunakan
b) Tekanan stakeholder
c) Tekanan dari key manager
d) Tekanan dari corporate culture
Comments
Post a Comment