Mata Kuliah Pemasaran Strategi mengupas tentang teori-teori dan konsep pemasaran baik internal perusahaan maupun eksternal. Bagian internal perusahaan adalah konsep yang berkaitan dengan kondisi perusahaan, dan kemungkinan untuk pengembangannya. Sedangkan kondisi eksternal dicermati melalui perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungan, baik social, ekonomi, budaya, politik, dan masyarakat.
Pemasaran strategi dapat memiliki pengaruh yang besar bagaimana membuat konsumen puas atau tidak puas, berkenaan dengan produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan. Banyak marketer menghabiskan sejumlah uang untuk meluncurkan produk dan tidak berhubungan dengan orang-orang yang terlibat dalam proses produksi barang maupun jasa dari perusahaan tertentu. Padahal orang-orang inilah sebenarnya yang memerlukan pula apa itu strategi pemasaran. Pemasaran strategi biasanya mengacu pada kisah-kisah sukses di masa lampau, mereka berharap bahwa kesuksesan itu akan berulang lagi sekarang yang kemungkinan besarnya konteksnya sudah berubah sama sekali
TUJUAN MATA KULIAH
1. Memberikan pemahaman secara teoretis dan konseptual tentang pemasaran strategic, internal dan eksternal perusahaan.
2. Menyajikan contoh-contoh factual yang sesuai dengan materi dan konsep yang ada di dalam materi perkuliahan.
3. Memahami kiat-kiat praktis di lapangan yang diperoleh dari implementasi konsep perusahaan sehingga bertahan dari persaingan.
BUKU BACAAN
Buku Utama :
Walker Jr., Orville C.; Harper W. Boyd, Jr.; John Mullins; Jean-Claude Larreche. (2006). Marketing Strategy: A Decision-Focused Approach (5th ed.). Boston: McGraw-Hill.
Buku Pelengkap:
Kerin, Roger A.; Robert A. Peterson (2003). Strategic Marketing Problems: Cases and Comments (10th ed.). Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.
Hooley, Graham; Nicouland, Brigitte; Piercy Nigel F. (2011). Marketing Strategy and Competitive Positioning (5th ed.). New York: Pearson.
Schiffman, Leon G.; Kanuk, Leslie; Hansen, Havard (2011). Consumer Behavior: A Eropean Outlook (2nd ed.). New York: Pearson.
Hollensen, Svend (2010). Global Marketing: A Decision – Oriented Approach (5th ed.). New York: Pearson.
METODE PENGAJARAN
- Metode Pengajaran dilakukan di dalam kelas dengan jumlah mahasiswa tidak melebihi 40 orang.
- Metode yang dipergunakan meliputi pengajaran, analisis kasus dan presentasi, dengan penekanan pada diskusi antarmahasiswa di dalam kelas pada kasus yang dibahas.
- Mahasiswa diharapkan telah membaca semua materi sesuai dengan jadwal yang ditentukan sebelum mengikuti perkuliahan.
- Kasus yang dipergunakan untuk diskusi dapat dipersiapkan oleh mahasiswa maupun dosen, atau bersama-sama saling melengkapi kasus yang diajukan untuk bahan diskusi.
- Jika dimungkinkan mengundang pakar dalam bidang pemasaran untuk berbagi pengalamannya dalam proses manajemen riil.
PENILAIAN
Ujian Tengah Semester 30%
Studi Kasus 20%
Jurnal persentasi 10%
Ujian Akhir Semester 40%
berita selengkapnya klik link diatas.
Comments
Post a Comment