Skip to main content

Satuan Acara Pembelajaran Pemasaran Strategik S2 Trisakti

DESKRIPSI MATA KULIAH

 

Mata Kuliah Pemasaran Strategi mengupas tentang teori-teori dan konsep pemasaran baik internal perusahaan maupun eksternal. Bagian internal perusahaan adalah konsep yang berkaitan dengan kondisi perusahaan, dan kemungkinan untuk pengembangannya. Sedangkan kondisi eksternal dicermati melalui perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungan, baik social, ekonomi, budaya, politik, dan masyarakat.

 

Pemasaran strategi dapat memiliki pengaruh yang besar bagaimana membuat konsumen puas atau tidak puas, berkenaan dengan produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan. Banyak marketer menghabiskan sejumlah uang untuk meluncurkan produk dan tidak berhubungan dengan orang-orang yang terlibat dalam proses produksi barang maupun jasa dari perusahaan tertentu. Padahal orang-orang inilah sebenarnya yang memerlukan pula apa itu strategi pemasaran. Pemasaran strategi biasanya mengacu pada kisah-kisah sukses di masa lampau, mereka berharap bahwa kesuksesan itu akan berulang lagi sekarang yang kemungkinan besarnya konteksnya sudah berubah sama sekali

 

 

TUJUAN MATA KULIAH

 

1.      Memberikan pemahaman secara teoretis dan konseptual tentang pemasaran strategic, internal dan eksternal perusahaan.

2.      Menyajikan contoh-contoh factual yang sesuai dengan materi dan konsep yang ada di dalam materi perkuliahan.

3.      Memahami kiat-kiat praktis di lapangan yang diperoleh dari implementasi konsep perusahaan sehingga bertahan dari persaingan.

 

 

 

BUKU BACAAN

 

Buku Utama :

 

Walker Jr., Orville C.; Harper W. Boyd, Jr.; John Mullins; Jean-Claude Larreche. (2006). Marketing Strategy: A Decision-Focused Approach (5th ed.). Boston: McGraw-Hill.

 

 

 

Buku Pelengkap:

 

 

Kerin, Roger A.; Robert A. Peterson (2003). Strategic Marketing Problems: Cases and Comments (10th ed.). Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.

 

Hooley, Graham; Nicouland, Brigitte; Piercy Nigel F. (2011). Marketing Strategy and Competitive Positioning (5th ed.). New York: Pearson.

 

Schiffman, Leon G.; Kanuk, Leslie; Hansen, Havard (2011). Consumer Behavior: A Eropean Outlook (2nd ed.). New York: Pearson.

 

Hollensen, Svend (2010). Global Marketing: A Decision – Oriented Approach (5th ed.). New York: Pearson.

 

 

METODE PENGAJARAN

 

 

-         Metode Pengajaran dilakukan di dalam kelas dengan jumlah mahasiswa tidak melebihi 40 orang.

-         Metode yang dipergunakan meliputi pengajaran, analisis kasus dan presentasi, dengan penekanan pada diskusi antarmahasiswa di dalam kelas pada kasus yang dibahas.

-         Mahasiswa diharapkan telah membaca semua materi sesuai dengan jadwal yang ditentukan sebelum mengikuti perkuliahan.

-         Kasus yang dipergunakan untuk diskusi dapat dipersiapkan oleh mahasiswa maupun dosen, atau bersama-sama saling melengkapi kasus yang diajukan untuk bahan diskusi.

-         Jika dimungkinkan mengundang pakar dalam bidang pemasaran untuk berbagi pengalamannya dalam proses manajemen riil.

 

 

 

PENILAIAN

 

Ujian Tengah Semester 30%

Studi Kasus                              20%

Jurnal persentasi                       10%

Ujian Akhir Semester                40%

 

berita selengkapnya klik link diatas.

Comments

Popular posts from this blog

Daftar Kode Kliring ( Clearing Code ) Bank BCA Dan Kantor Cabangnya Di Seluruh Indonesia

Branch Clearing Code - This field should include your 4-digit branch clearing code.  Ketika melakukan transaksi transfer uang secara electronic atau Electronic bank transfers, selalu dibutuhkan data akun bank secara lengkap sesuai rekening bank saat dibuat.  Selain nama lengkap ( sesuai rekening ) dan nomor akun bank ( account number ), juga dibutuhkan kode kliring ( clearing code ) dari bank yang bersangkutan.  Yang dimaksud kode kliring ( Clearing Code ) adalah sederetan kode angka, yang terdiri dari 7 digit angka. 3 digit angka terdepan merupakan kode bank yang bersangkutan. Sedangkan 4 digit angka sisanya merupakan clearing code dari branch utama bank.  Bagi anda yang kebetulan memiliki rekening di bank BCA, Daftar Kode Kliring ( Clearing Code ) Bank BCA danKantor Cabangnya Di Seluruh Indonesia yang berikut ini mungkin bisa membantu anda saat melakukan transaksi keuangan elektronik / Electronic bank transfers :  Nama bank :  BANK CENTRAL ASIA (BCA)  0140012 = BCA KCU ASEMKA JL. ASE

Saudara Kami tercinta Falensius Nango

Dear All, bagi teman-teman yang ingin menyumbangkan dana solidaritas untuk Saudara Nango dapat dikirimkan ke Bank BCA atas nama petrus hepi witono 8850579441 atw BRI 0927 01 001066 50 6. Jika sudah dilakukan transfer, mohon konfirmasi ke saya beserta nama dan jumlah yang disumbangkan. saya pastikan dana tersebut sampai ke tangan pihak Keluarga Nango. Terima Kasih luar biasa kepada Keluarga Besar Gonzaga dan para rekan angkatan yang begitu memberi dukungan dan perhatian. Saudara Nango kini dirawat di Rumah Sakit Suyoto, Bintaro, Lantai 4, nomor 406.

Materi Training Kasir BCA: Apa itu EDC?

1. EDC & Manfaatnya EDC (Electronic Data Capture) adalah sarana penerima pembayaran yang disediakan oleh bank untuk kemudahan transaksi. Manfaatnya: A. Untuk Merchant -mempermudah transaksi -meminimalkan penggunaan cash/uang tunai -meningkatkan sales B. Untuk Cardholder/Customer -meningkatkan faktor keamanan -praktis -dapat benefit seperti promo/sale untuk kredit user C. Untuk Kasir -mengurangi resiko selisih uang dalam penggunaan cash -meminimalisir waktu -lebih praktis saat melakukan transaksi 2.Pengenalan Kartu Terdapat 3 kelompok kartu yang dikeluarkan oleh BCA, yaitu: -Kartu Debit ciri khas dari kartu debit yg dikeluarkan oleh bank BCA ini yaitu selalu terdapat tulisan Paspor BCA pada kartu. -Kartu Kredit -Kartu Prepaid (seperti flazz) 3.Pengenalan EDC BCA Pada mesin EDC terdapat nomor mesin atau biasa disebut TID, letaknya diatas layar EDC. TID ini berguna untuk membantu merchant solution dalam menangani masalah yang kita ajukan. Settlement: adalah penyelesaian akhir transaks