Skip to main content

Story On Duty Balikpapan

Dear Diary,
Ingin sekali aku berbagi tentang pengalamanku satu hari lalu ke Balikpapan. Ada hal berkesan yang kudapat disana. Tentunya saya disana bukan alasan jalan-jalan melainkan karena ada kerjaan kantor untuk pertama kalinya. Tetapi pengalaman pertamaku ini mungkin bukan yang pertama untuk anda. mungkin anda lebih paham dari saya. Saya menginap di tempat teman saya (Eka:yang ada di foto) yang menjadi store manager Periplus di E-Walk. Kami lama tak jumpa. sekali bertemu, dia mengajarkan banyak hal tentang budaya, mitos di Balikpapan.

1. Nama airportnya bernama Sepinggan. Saya tanya apa artinya? Temanku, Eka bilang menurut mitos yang beredar dulu "sepinggan" itu artinya sepinggang. Balikpapan dikenal banjir dan daerah bandara pernah banjir setinggi pinggang. bener gak yah? masih sangsi juga...

2. Kalau berada di Jakarta, tak ada masalah dengan pemakaian kata "Lo" atau "Gue" karena mungkin sudah biasa dengan budaya betawi. Namun, kalau di Balikpapan, temanku bilang pemakaian kata tersebut di anggap orang sombong. alangkah baiknya menggunakan kata "Saya" - "Kamu"

3. Kalau di jakarta biasa ada kendaraan "angkot", disana kita harus menyebutnya "taksi". kalau dekat Rp 3000, kalau agak jauh Rp 4000,-

4. Kalau di Jakarta biasa ada kendaraan "taksi", disana kita harus menyebutnya "argo".

5. Kalau naik angkot (baca:taksi) dan ingin berhenti harus kita katakan "stop". mereka tidak mengenal ungkapan "kiri bang".

6. Ada hal yang menghebohkan: kalau di Jakarta, seorang pemulung menggunakan gerobak dan terkadang mereka tidur di dalam gerobak itu sendiri (homeless). kalau pemulung disana, menggunakan motor dan sangat rapi saat memungut. Bahkan tukang pemulung punya handphone nya bagus-bagus. gak ketinggalan jaman.

7. kalau hendak ke Balikpapan, jangan lupa untuk main ke pantai Manggar. kalau menurut saya indah banget.

8. Seafood kesukaan saya. kalau mampir kesana, menurut teman saya, jangan lupa mampir ke rumah Makan Kepiting Kenari (dekat bandara-paling enak santap malam hari aja) dan Rumah Makan Padang "Upik". kalau beli oleh-oleh kiranya sudi mampir di toko Sibayak untuk beli Amplang.

9. Teman saya bilang kalau disana ada 3 mall besar. Namun yang dianggap sering jadi kelas Nomor satu yakni Mall E Walk. Mall ini menyatu dengan hotel. ketika kami berkunjung kesana, gaya dan dandanan para gadis disana memang harus diakui cantik-cantik (apalagi para petugas wanita di bandaranya-luar biasa cantik abis) dan tidak kalah dengan orang Jakarta.

10. Kalau siang hari, panasnya lumayan bikin gosong, kalau malam jangan lupa untuk main ke daerah pelabuhan. disana banyak tempat nongkrong, ditambah semilir angin dan secangkir STMJ panas. wuuuuiiihhhh mantab...

11. Hote-hotel semakin ke daerah kota, semakin mahal seperti Novotel. Kalau masih deket bandara masih termasuk murah.

12. Menurut teman saya di balikpapan ada dua trend untuk anak muda biasa nongkrong deket pantai atau taman yakni Malam minggu dan Rabu Gaul.


By Lembu Tambun
PT. Periplus Bookindo
081905082435
Pin BB:227A49BD

Comments

Popular posts from this blog

Daftar Kode Kliring ( Clearing Code ) Bank BCA Dan Kantor Cabangnya Di Seluruh Indonesia

Branch Clearing Code - This field should include your 4-digit branch clearing code.  Ketika melakukan transaksi transfer uang secara electronic atau Electronic bank transfers, selalu dibutuhkan data akun bank secara lengkap sesuai rekening bank saat dibuat.  Selain nama lengkap ( sesuai rekening ) dan nomor akun bank ( account number ), juga dibutuhkan kode kliring ( clearing code ) dari bank yang bersangkutan.  Yang dimaksud kode kliring ( Clearing Code ) adalah sederetan kode angka, yang terdiri dari 7 digit angka. 3 digit angka terdepan merupakan kode bank yang bersangkutan. Sedangkan 4 digit angka sisanya merupakan clearing code dari branch utama bank.  Bagi anda yang kebetulan memiliki rekening di bank BCA, Daftar Kode Kliring ( Clearing Code ) Bank BCA danKantor Cabangnya Di Seluruh Indonesia yang berikut ini mungkin bisa membantu anda saat melakukan transaksi keuangan elektronik / Electronic bank transfers :  Nama bank :  BANK CENTRAL ASIA (BCA)  0140012 = BCA KCU ASEMKA JL. ASE

Saudara Kami tercinta Falensius Nango

Dear All, bagi teman-teman yang ingin menyumbangkan dana solidaritas untuk Saudara Nango dapat dikirimkan ke Bank BCA atas nama petrus hepi witono 8850579441 atw BRI 0927 01 001066 50 6. Jika sudah dilakukan transfer, mohon konfirmasi ke saya beserta nama dan jumlah yang disumbangkan. saya pastikan dana tersebut sampai ke tangan pihak Keluarga Nango. Terima Kasih luar biasa kepada Keluarga Besar Gonzaga dan para rekan angkatan yang begitu memberi dukungan dan perhatian. Saudara Nango kini dirawat di Rumah Sakit Suyoto, Bintaro, Lantai 4, nomor 406.

Materi Training Kasir BCA: Apa itu EDC?

1. EDC & Manfaatnya EDC (Electronic Data Capture) adalah sarana penerima pembayaran yang disediakan oleh bank untuk kemudahan transaksi. Manfaatnya: A. Untuk Merchant -mempermudah transaksi -meminimalkan penggunaan cash/uang tunai -meningkatkan sales B. Untuk Cardholder/Customer -meningkatkan faktor keamanan -praktis -dapat benefit seperti promo/sale untuk kredit user C. Untuk Kasir -mengurangi resiko selisih uang dalam penggunaan cash -meminimalisir waktu -lebih praktis saat melakukan transaksi 2.Pengenalan Kartu Terdapat 3 kelompok kartu yang dikeluarkan oleh BCA, yaitu: -Kartu Debit ciri khas dari kartu debit yg dikeluarkan oleh bank BCA ini yaitu selalu terdapat tulisan Paspor BCA pada kartu. -Kartu Kredit -Kartu Prepaid (seperti flazz) 3.Pengenalan EDC BCA Pada mesin EDC terdapat nomor mesin atau biasa disebut TID, letaknya diatas layar EDC. TID ini berguna untuk membantu merchant solution dalam menangani masalah yang kita ajukan. Settlement: adalah penyelesaian akhir transaks